Hadiri Seminar Narkoba HMI, Kasat Narkoba Polres Dompu Tegaskan Berantas Barkoba

242
Kegiatan seminar anti narkoba yang digelar HMI Cavang Dompu di aula Sekretariat KNPI Dompu, Kamis (14/1/2021).

DOMPU, Warta NTB – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) periode 2020-2021 Cabang Dompu, Kamis (14/1/2021) menggelar seminar anti Narkoba.

Kegiatan yang berlangsung dengan tema Wujudkan Generasi Dompu yang Berkarakter Tanpa Narkoba digelar di aula Sekretariat KNPI Dompu, dipimpin moderator Muslimin, SH dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bima AKBP Harri Nugroho, SH, MH.

Hadir juga Ketua KNPI Dompu Syarifuddin, S.Pdi, Kasat Narkoba Polres Dompu Iptu Tamrin S.Sos dan undangan lainnya.

Kepala BNN Kabupaten Bima AKBP Harri Nugroho pada kesempatan itu berharap daerah Kabupaten Dompu bisa terbebas dari Narkoba melalui kerjasama dan dukungan semua pihak.

“Untuk pencapaian ini, tentu harus ada dukungan dari masyarakat terutama dalam hal memberikan informasi mengenai peredaran Narkoba tersebut,” ungkapnya.

Menurut Harri, kegiatan seminar yang diadakan HMI Dompu sangat bermanfaat dan  mengajak para kader HMI untuk sama-sama memberantas Narkoba.

“Kami ajak HMI Dompu juga agar bisa terlibat dalam pemberantasan dan mensosialisasikan bahaya Narkoba terhadap sesama kaum muda,” katanya.

Di tempa yang sama, Kasat Narkoba Polres Dompu Iptu Tamrin mengungkapkan, hingga hari ini pihaknya selaku Satresnarkoba Polres Dompu dan jajaran terus bekerja keras untuk memberantas dan menumpas peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Dompu.

“Kami tidak hanya menangkap pengedar, tapi juga menangkap Bandar dan para pemakai Narkoba di Kabupaten Dompu,” ungkapnya.

Menurut Tamrin, kendala yang dihadapi saat ini adalah anggota Sat Resnarkoba sulit untuk mendapat informasi dari masyarakat tentang peredaran Narkoba.

“Oleh karena itu kami harap kerjasama semua pihak lebih-lebih masyarakat untuk memberikan informasi terkait adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing dan kami akan tetap bekerja keras untuk memberantas dan menumpas penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Dompu,” tegasnya.

Pada kesempatan ini Muslimin sebagi moderator meminta agar para pihak terkait benar benar serius untuk memberantas Narkoba. Sebab, jika tidak ada keseriusan unsur pemerintah terutama pihak kepolisian (Polres Dompu) untuk memberantas peredaran Narkoba, maka peredaran Narkoba akan semakin merajalela.

“Jika unsur terkait serius untuk memberantas Narkoba, maka wilayah Kabupaten Dompu akan terbebas dari Narkoba,” katanya.

Muslimin menyebut, peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Dompu sangat luar biasa. Hal ini, berdasarkan hasil pengungkapan kasus Narkoba yang diungkapkan oleh kepolisian.

“Kita sebagai generasi muda haruslah mampu memberikan contoh dan teladan terhadap masyarakat terutama para pemuda di Dompu agar tidak terjerumus dalam penyalagunaan barang haram itu,” terangnya.

Lanjut Muslimin, tanpa adanya dukungan dari pemuda dan masyarakat, tentu aparat penegak hukum tidak mampu memberantas barang haram (Narkoba) tersebut.” Mari kita lawan dan tumpas peredaran barang haram itu,” ajaknya. (WR-Al)