Hadapi Pilgub NTB, PPS Kecamatan Monta Bimtek PPDP

1463
Bimtek PPDP dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018.

BIMA, Warta NTB – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Monta, Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (Pilgub NTB) tahun 2018.

Nazar Nurdin salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Monta mengatakan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau yang disingkat PPDP merupakan ujung tombak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan kegiatan pemutakhiran data pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018

Oleh sebab itu, sebelum PPDP melaksanakan tugas perlu mendapatkan bimbingan teknis terkait tugas dan tanggungjawab saat melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) data yang akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari s/d 18 Pebruari 2018.

“Sesuai arahan KPU, Bimtek PPDP merupakan domainya PPS, jadi hari ini kami PPK hanya melakukan monitoring dan memberikan arahan terkait kegiatan Bimtek yang dilaksanakan oleh teman-teman PPS,” katanya, saat melakukan monitoring di Desa Tolouwi, Kecamatan Monta, Selasa (9/1/2018).



Nazar menjelaskan, di hari pertama PPDP melaksanakan tugas pada tanggal 20 Januari nanti, akan dilakukan coklit serempak dan saat itu seluruh jajaran penyelenggara pemilu  ikut tersebar bersama PPDP melaksanakan pencoklitan data pemilih.

Hal itu dilakukan sesuai dengan gerakan yang dibangun KPU RI dalam Pilkada Serentak 2018 dengan tagar #KPUmenCoklit. Targetnya pada 20 Januari, satu PPDP akan mencoklit di 5 rumah yang dilakukan bersama PPK, PPS dan KPU kabupaten/kota.

“Dengan diberikan Bimtek, Insya Allah sebanyak 49 PPDP di 14 desa se Kecamatan Monta akan siap melaksanakan coklit serentak pada tanggal 20 Januari nanti,” tutupnya. (WR-02)