Guru Besar UNJ Prof Suhadi Dharmo Eihardjo Berikan Edukasi Lingkungan di SMKN 1 Monta

403

BIMA, Warta NTB – Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 1 Monta Kabupaten Bima menjadi salah satu sekolah yang dipilih menjadi sekolah tempat penelitian Prof. Dr. Suhadi Dharmo Eihardjo, M. Pd.

Kehadiran dosen sekaligus guru besar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu memberikan edukasi kepada siswa, guru dan staf tata usaha mengenai pemanfaatan lingkungan yang berlangsung di aula sekolah SMKN 1 Monta, Selasa (16/11/2021)

Kepala SMKN 1 Monta Drs. Faturrahman, M.AK mengatakan, adapun tujuan kedatangan pakar lingkungan Prof. Suhadi Dharmo di SMKN 1 Monta adalah untuk melakukan penelitian. Ada beberapa desa tujuan penelitian tentang lingkungan, yakni Desa Simpasai, Pela, Sie dan sampelnya adalah di lingkungan sekolah.

“Dengan keilmuan beliau memberikan edukasi tentang lingkungan kepada warga sekolah sehingga akan merubah pandangan siswa, guru dan pegawai agar bisa memanfaatkan lingkungan,” ucapnya.

Untuk itu kata Faturrahman, sekolah harus menerapkan sistem penjaminan mutu, Tri Pusat Pendidikan, dan harus memiliki program unggulan sebagai ekonomi kreatif dalam pengelolaan lingkungan

Edukasi lingkungan yang diberikan menjadi langkah awal untuk membuat gebrakan baru dalam membangun komitmen bersama dalam pengelolaan lingkungan terutama dalam pengelolaan sampah dan pengelolaan lahan pekarangan sekolah dan pekarangan rumah.

“Oleh karena itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Suhadi Dharmo yang telah hadir di sekolah kami sekaligus memberikan ilmu yang bermafaat tentang pengelolaan lingkungan,” pungkasnya. (WR-Al)