Gerakan Pesantren Sehari di Desa Bre Dipadati Ratusan Jamaah

800
Kegiatan gerakan pesantren sehari yang dilaksanakan di Masjid Jami Al-Abrar Desa Bre.

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Kecamatan Palibelo melaksanakan kegiatan Gerakan Pesantren Sehari (GPS) yang berlangsung di Masjid Jami Al Abrar Desa Bre, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Jumat (1/2/2019).

Kegiatan GPS merupakan tindaklanjut yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Palibelo terhadap program yang diluncurkan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri. Hadir dalam kegiatan Camat Palibelo Drs. Darwis, aparat pemerintah Desa Bre, Babinsa, Babinkamtibmas, toga, toma, para pelajar dan ratusan warga Desa Bre.

Camat Palibelo Drs. Darwis mengatakan, sebagaimana peraturan Bupati Bima nomor 25 tahun 2017 menyebutkan pelaksanaan GPS sekurang-kurangnya dilaksanakan satu kali setiap bulan dengan rangkaian kegiatan meliputi shalat lima waktu secara berjamaah yang dilanjutkan dengan zikir, doa, talim fiqih ibadah, aqidah, tauhid, tadarus Alquran, hingga mendengarkan tausiyah.

GPS dihajatkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih aktif dalam menjalankan kewajiban sebagaimana yang telah disyariatkan serta memantapkan dan memperdalam pemahaman nilai-nilai Alquran dan Hadist.

“Program GPS menjadi sejarah perjalanan Pemkab Bima mewujudkan aspek religius yang tertuang dalam amanat Peraturan Bupati Bima Nomor 25 Tahun 2017,” urainya.

Sementara Kepala Desa Bre H. Ruslan M. Ali mengharapkan, kegiatan GPS mampu membentuk generasi yang cerdas, berilmu, teguh beriman, terampil dan berakhlak mulia di masa yang akan datang.

“Semoga melalui program GPS dapat menggugah kesadaran masyarakat dan anak-anak kita untuk memanfaatkan masjid dan mushalla sebagai sarana ibadah,” harapnya.

Hadir sebagai penceramah Drs. H. Imran  yang di undang khusus oleh Pemdes Bre. Adapun pokok-pokok yang disampaikan yaitu memberikan pemahaman kepada jamaah agar menjalanakan rukun islam dengan sebenar-benarnya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta mengajak untuk meningkatkan nilai ibadah kepada Allah SWT. (WR-04)