Geliat Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Lombok Timur

1670
Gili Kondo, salah satu destinasi andalan Lombok Timur. Net

SELONG, Warta NTB — Sejak tahun 2018, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) kembali menganggarkan pembangunan infrastruktur di beberapa destinasi wisata yang tersebar di Kabupaten Lombok timur.

Langkah ini dilakukan karena Pemda menganggap sektor pariwisata sebagai salah satu sektor penunjang perekonomian masyarakat, di samping sektor penting lainnya.

Menurut Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Dinas Pariwisata Lombok Timur, Ahyak Mudin, Rabu (21/2/2018), pembangunan fisik berupa MCK, Shelter dan Rest Area merupakan prioritas yang akan dibangun di tahun 2018 ini.

Berdasarkan hasil analisa dan inventarisir yang dibuat Dinas Pariwisata di beberapa destinasi, kebutuhan itu sering menjadi keluhan para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Selain itu, pembangunan sumber daya manusia (SDM), pengelola pariwisata juga menjadi perhatian dengan dilakukannya pembinaan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan penyuluhan di berbagai even wisata yang digelar.

Bahkan tahun ini Dinas pariwisata Lombok Timur bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata telah memprogramkan pembinaan Pokdarwis guna meningkatkan kapasitas SDM Pengelola Pariwisata. [WR/H]