Edukasi Kesehatan Sejak Usia Dini, Puskesmas Monta Gelar Pelatihan Dokter Kecil

366

BIMA, Warta NTB – Untuk memberikan edukasi pengetahuan tentang kesehatan sejak usia dini, Puskesmas Monta, Kabupaten Bima menggelar pelatihan dokter kecil kepada perwakilan siswa siswi Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Monta.

Pelatihan yang digelar di aula Puskesmas Monta, Rabu (28/9/2022). Puluhan siswa-siswi tampak sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

Kepala Puskesmas Monta H. Abdul Salam, S.Kep menjelaskan, pelatihan dokter kecil ini bertujuan untuk membuka wawasan kesehatan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah.

“Misalnya apabila ada luka ringan, terkelincir dan pingsan. Mereka tidak lagi panik namun bisa melakukan pertolongan awal,” kata Salam.

Kepala Puskesmas Muda ini menguraikan, ada beberapa materi yang disampaikan pihaknya antara lain mengenai kesehatan lingkungan, kesehatan gigi, imunisasi, napza sampai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Ini hendaknya ditularkan kepada teman-teman di lingkungan sekolah dan juga di rumah.

Sejauh ini, pembinaan dokter kecil kerap dilakukan untuk menciptakan regenerasi. Untuk itu, Puskesmas Monta memiliki tanggungjawab memberikan pelatihan kepada siswa di wilayah Kecamatan Monta.

“Saya berharap melalui kegiatan pembinaan ini akan lahir dokter kecil dilingkungan sekolah yang dapat melakukan penanganan medis awal tingkat dasar,“ tutupnya. (RED)