Dukung Vaksinasi Covid-19, Puskesmas Monta Gelar Kegiatan Sosialisasi

246
Kegiatan sosialisasi vaksin Covid-19 di aula Puskesmas Monta, Kamis (4/2/2021).

BIMA, Warta NTB – Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Monta, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Monta menggelar kegiatan sosialisasi vaksin Covid-19 di aula Puskesmas Monta, Kamis (4/2/2021).

Sosialisasi vaksin dihadiri Muspika Kecamatan Monta seperti Kapolsek Monta Iptu Takim, Sekcam Monta Abbas, SE, Wandanramil Monta, Kepala KUA Kecamatan Monta. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Rifai, S.Sos MAP, Kepala BPJS Kesehatan Muhammad Ilham, Kasi Gizi Dikes Tita Masitha, M.Si dan melibatkan unsur pemerintah desa, BPD dan tokoh masyarakat.

Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni yang ditemui wartawan usai kegiatan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus corona di Kecamatan Monta khususnya dan Kabupaten Bima pada umumnya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait kegiatan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Dokter muda ini meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya isu-isu hoax yang berkembang di tengah masyarakat dan di media sosial terkait kegiatan vaksinasi yang seolah-olah menakuti masyarakat agar tidak divaksin.

“Vaksin ini aman tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan dijamin halal sesuai Fatwa MUI nomor 2 tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19. Jadi kami harap masyarakat tidak asal percaya isu-isu hoax yang berkembang karena vaksin ini halal dan aman,” ucapnya.

Kepala Puskesmas menjelaskan, kegiatan vaksinasi adalah upaya pemerintah untuk menghentikan dan meredam laju penyebaran dan penularan virus corona di tengah masyarakat.

“Vaksinasi memang tidak bisa melindungi 100 persen seseorang, tetapi dengan vaksin akan memberikan kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak akan mudah diserang oleh virus corona,” katanya.

Oleh karena itu, dr. Yuni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini.

“Mari kita dukung kegiatan vaksinasi ini sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran dan penularan virus corona agar kita bisa kembali hidup normal lagi seperti sebelum wabah corona terjadi,” ajaknya.

Dokter lulusan UGM ini juga menghimbau masyarakat agar selama pandemi corona masih ditetapkan oleh pemerintah sebagai bencana non alam nasional agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap menerapkan konsep 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan, dan Menghindari Kerumunan.

“Ini adalah sebagai upaya kita bersama untuk mencegah penyebaran virus corona. Semoga wabah global ini cepat berlalu,” harapnya.

Pada kegiatan sosialisasi vaksin ini yang juga menjadi narasumber adalah Sekdis M. Rifai, Kepala BPJS Kesehatan dan Kasi Gizi Tita Masitha. Pada kesempatan itu juga disampaikan capaian kegiatan program selama tahun 2020 melalui 12 indikator SPM (Standar Pelayanan Minimal) bidang kesehatan.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatangan komitmen lintas sektor dalam mendukung upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. (WR-Al)