Dua Minggu, Ratusan Knalpot Racing Disita Sat Lantas Polres Bima

1120
Ratusan knalpot racing yang diamankan Sat Lantas Polres Bima dari beberapa kecamatan seperti di wilayah hukum Polsek Woha, Polsek Bolo, Polsek Belo, Polsek Monta dan Polsek Parado.

BIMA, Warta NTB – Operasi yang dilakukan Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Bima selama dua minggu terakhir berhasil mengamankan ratusan knalpot racing yang digunakan pengguna kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Bima.

Kasat Lantas Polres Bima, Iptu I Putu Gde Caka S.Ik mengatakan, operasi pembersihan pengguna kendaraan bermotor berknalpot racing atau tidak menggunakan knalpot standar dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar terbebas dari suara bising atau berisik, lebih-lebih saat melaksanakan ibadah.

Dari operasi yang dilaksanakan sejak tanggal 25 Desember 2017 s/d 10 Januari 2018, Sat Lantas Polres Bima mengaku telah berhasil mengaman lebih kurang sebanyak 150 knalpot racing yang berhasil disita dari beberapa kecamatan seperti wilayah hukum Polsek Woha, Polsek Bolo, Polsek Belo, Polsek Monta dan Polsek Parado.

“Kegiatan yang sudah berjalan selama dua minggu, kami berhasil mengamankan 150 knalpot racing yang sebahagian besar digunakan oleh anak muda dan pelajar sekolah,” kata Kasat, Rabu (10/1/2018)

Putu Caka menjelaskan, operasi pembersihan knalpot racing dilakukan atas permintaan masyrakat kepada Kapolda NTB, saat melakukan kunjungan kerja di Polres Bima beberapa waktu yang lalu.



Ia berharap, kegiatan yang dilaksanakan dapat meberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam melaksanakan aktifitas terutama saat beribadah dan istrirahat. “Diharapkan dengan adanya razia knalpot bising, juga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas,” harapnya.

Ditambakan, operasi yang dilakukan Sat Lantas Polres Bima cukup antusias disambut oleh masyarakat karena salah satu penyebab terjadinya perkelahian anak muda akibat ketersinggungan masyarakat yang dilewati oleh pengguna motor bising.

“Masyarakat yang diwakili para tokoh muda menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sat Lantas Polres Bima karena menurut mereka salah satu penyebab terjadinya perkelahian anak muda adalah ketersinggungan akibat suara motor bising,” ungkapnya.

Hasil razia, tambah Kasat akan dilakukan pemusnahan bersama Kapolda NTB. “Rencananya ratusan knalpot racing hasil razia akan dimusnahkan pada hari Sabtu bersama Kapolda NTB,” terang Kasat. (WR-02)