DPD FK-PKBM Kabupaten Bima Gelar Workshop Percepatan Akreditasi PKBM

1143

BIMA, Warta NTB – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Komunikasi (FK) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Bima bersama Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) menggelar kegiatan workshop di Hotel Lila Graha Kota Bima, Sabtu (19/10/2019). Kegiatan dilaksanakan dalam upaya percepatan akreditasi PKBM.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaidin S. Sos. MM, Kabid Paudnikpora Drs. Chairunnas, M. Pd, Kasi Paudnikpora H. Jaharudin, S.Sos. M. Si, Ketua Forum PKBM Propinsi L. Nasrullah WK. Selain dihadiri pengurus PKBM Kabupaten Bima juga dihadiri pengurus PKBM Kota dan Kabupaten Dompu.

Ketua DPD FK-PKBM Kabupaten Bima Muhamad Salahudin, SE mengatakan, kegitan workshop dilaksanakan dalam upaya percepatan akreditasi untuk mewujudkan pendidikan non formal PKBM yang berkualitas dan bermartabat. Program tersebut dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Upaya adanya akreditasi PKBM adalah salah satu wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pendidikan non formal. Melalui Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) sebagai salah satu percepatan akreditasi PKBM,” ungkapnya.

Menurut Salahudin bagi PKBM yang belum terakreditasi dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) nanti akan mengikuti UN di PKBM yang sudah terakreditasi. Sementara di tahun 2019 dari 112 lembaga PKBM Kabupaten Bima semuanta belum terakreditasi dan sebagian saat ini sedang dilakukan akreditasi.

“Pendidikan non formal PKBM menjadi pihan bagi mereka yang putus sekolah, drop out atau anak jalanan dan setelah PKBM terakreditasi akan setara dengan pendidikan formal dan melalui workshop ini akan diberikan bimbingan untuk mempercepat akreditasi PKBM,” jelasnya. (WR-Man)