Dosen STKIP Bima Laksanakan Kegiatan Pengabdian di Kelurahan Na’e Kota Bima

371

KOTA BIMA, Warta NTB – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi yang sebelumnya telah dinilai kelayakannya oleh Kemen Ristekdikti. Sejumlah Dosen STKIP Bima melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Na’e Kota Bima.

Kegiatan pengabdian Dosen ini diketuai oleh Gunawan, M.Pd yang merupakan dosen prodi pendidikan Matematika STKIP Bima yang beranggotakan Fahrudin, M.Pd dosen pendidikan Biologi serta Wahyuni, S.Pd., ME dosen program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima.

Acara pembukaan digelar di aula Kantor Lurah Na’e, Minggu (7/8/2022) dihadiri sedikitnya 25 orang anggota kelompok UMKM Pangaha Sinci Mekar Sari Kota Bima dan Lurah Na’e Khaerunnas, S.Sos.

Pada acara pembukaan, Gunawan, M.Pd mengatakan, kegiatan pengabdian dosen ini merupakan salah satu perwujudan dalam penerapan Tri Dharma.

Kata dia, sebelumnya pihaknya telah mengajukan proposal dan telah dinilai kelayakannya oleh Kemen Ristekdikti sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan.

“Proposal yang kami ajukan lolos dari penilaian sehingga program ini dapat kami laksanakan,” katanya.

Dijelaskan Gunawan, program ini diberi label Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dengan menggandeng UMKM Pangaha Sinci Mekar Sari Kota Bima dan akan dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Oktober 2022 mendatang.

“Kegiatan ini diawali dengan penguatan kapasitas manajemen pemasaran dan Forum Grup Discussion (FGD) kemudian akan didesain logo yang nantinya akan digunakan sebagai brand market dan pemasaran produk akan dilakukan secara digital memanfaatkan platform digital,” jelasnya.

Gunawan berharap agar kegiatan pengembangan kapasitas manajemen dan pemasaran untuk pelaku UMKM Pangaja Sinci ini bisa menjaga eksistensi jajanan tradisional yang ada di Bima agar sehingga tidak tergerus di tengah maraknya produk makanan olahan yang ada dipasaran.

“Selain itu dari kegiatan ini
diharapkan dapat membekali usahawan UMKM dengan manajemen usaha yang baik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Na’e Khaerunnas, S.Sos yang secara resmi membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dosen STKIP yang memilih Keluarahan Na’e sebagai lokasi pengabdiannya.

“Ini merupakan kerjasama pertama kami dengan dunia akademik karena selama ini terkait UMKM kami hanya bersentuhan dengan Dinas Koperindag,” tuturnya

Lurah perempuan ini berharap agar dengan adanya kegiatan pengabdian dosen ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan usaha pangaha sinci di Kelurahan Nae, Kota Bima sehingga produknya bisa dikenal luas di kalangan masyarakat. Baik itu masyarakat lokal maupun luar daerah.

“Kami harap kegiatan ini bisa berdampak pada luasnya pemasaranan jajanan olahan pangaha sinci yang diproduksi oleh kelompok UMKM Kelurahan Na’a sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga para pelaku usaha,” harapnya. (WR-02)