Dorong KIP, Pemkab Bima Beri Penghargaan Pada OPD hingga Desa

533

BIMA, Warta NTB – Di penghujung tahun 2018 pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima memberikan penghargaan dan anugerah kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan dan desa di Kabupaten Bima.

Acara penyerahan berlangsung di aula kantor Bupati Bima, Senin (31/12/2018). Turut hadir Kapolres Bima Kabupaten Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo S.IK, para Assisten, Kabag Lingkup Setda Bima, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para camat dan kepala desa.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Tim Penilai Pemeringkatan yang telah melaksanakan sejumlah tahapan kegiatan sepanjang bulan November dan Desember 2018, seperti pengiriman angket, visitasi sampai dengan penganugerahan yang dilaksanakan pada hari ini.

Pemeringkatan ini ditujukan sebagai wahana evaluasi pelayanan informasi publik, baik di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. “Perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Bima merupakan satu-satunya Kabupaten/ Kota di Provinsi NTB yang melaksanakan pemeringkatan pelayanan PPID, selain yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB,” kata Wabup.

H. Dahlan mengatakan, terkait dengan kinerja pelayanan informasi publik, Alhamdulillah pada tahun 2018, PPID Kabupaten Bima berhasil meraih “Peringkat II Kategori Badan Publik Terinformatif” setelah pada tahun sebelumnya tidak masuk dalam kategori.

Di satu sisi keberhasilan ini dapat diraih atas kerja keras dan dukungan penuh para kepala OPD dalam tata kelola Informasi sesuai amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Di sisi lain, anugerah dari Komisi Informasi Provinsi NTB tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kinerja pelayananinformasi publik di masing-masing unit kerja,” sebutnya.

Sebagai ujung tombak perumusan kebijakan pemerintah daerah, para pejabat PPID dituntut untuk memahami dengan baik tugas pokok dan fungsi, Program dan Kegiatan OPD serta hal-hal yang kiranya perlu disampaikan baik kepada Pimpinan Daerah maupun kepada publik.

Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer berharap kinerja pelayanan Informasi publik di sebuah OPD dapat lebih ditingkatkan pada masa yang akan datang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik H. Abdul Wahab Usman SH M.Si mengatakan, penganugerahan PPID adalah salah satu upaya untuk mendorong keterbukaan informasi publik, sehingga dari kegiatan tersebut masyarakat akan mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh Dinas dan Instansi pemerintah.

Wahab menjelaskan, penilaian yang dilakukan telah melalui tahapan-tahapan yang dilaksanakan sejak bulan September 2018 dengan memberikan pengarahan dan penilaian terhadap tiap-tiap OPD, kecamatan dan desa se Kabupaten Bima.

“Kami selaku tim penilai memberikan Format kepada para PPID untuk diisi terkaiat kegiatan yang dilakukan. Setelah diisi oleh PPID, OPD, kecamatan dan desa selanjutnya format yang diisi diserahkan kembali ke kami dalam hal ini Dinas Kominfo dan Stik untuk memberikan penilaian,” jelas Wahab.

Kadis menambahkan, ada 32 OPD yang mengikuti kegiatan, setelah format pengisian dikembalikan, tim langsung melakukan kunjungan ke OPD, kecamatan dan desa untuk mengecek kesesuaian data yang diberikan sehingga menjadi dasar penilaian bagi tim penilai.

“Setelah kami melakukan penilaian dan kunjungan ke lapangan maka kami memutuskan dan memberikana penilaian PPID terhadap OPD, kecamatan dan desa tersebut,” tuturnya.Adapun peringkat penghargaan PPID kategori Organisasi Perangkat Daerah berdasarkan urutan nila antara lain;

  1. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.
  2. Dinas Pariwisata.
  3. Dinas Sosial.
  4. Dinas Perhubungan.
  5. Dinas PMTSP.
  6. Dinas PUPR
  7. BPBD Kabupaten Bima
  8. Dinas DP3AP2KB
  9. BKD dan Diklat
  10. Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Sementara tiga kecamatan peraih anugerah PPID kategori tingkat kecamatan anatara lain;

  1. PPID Kecamatan Langgudu
  2. PPID Kecamatan Palibelo
  3. PPID Kecamatan Bolo.

Selanjutnya tiga desa peraih anugerah PPID kategori tingkat desa antara lain;

  1. PPID Desa Rupe, Kecamatan Langgudu
  2. PPID Desa Leu, Kecamatan Bolo.
  3. PPID Desa Teke, Kecamatan Palibelo.

Bagi OPD, kecamatan dan desa yang mendapatkan predikat juara diberikan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Bima kepada masing kepala OPD atau perwakilan yang hadir. (WR)