Disperindag Kabupaten Bima Gelar Pelatihan Modifikasi Busana Tenun Ikat

959
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin H.M.Y membuka kegiatan pelatihan yang berlangsung di balai Desa Rato, Kecamatan Bolo, Senin (25/32019).

BIMA, Warta NTB – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bima, menggelar pelatihan modifikasi busana berbasis tenun ikat Bima kepada 20 orang peserta yang berlangsung di balai Desa Rato, Kecamatan Bolo, Senin (25/32019).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin H.M.Y dalam sambutannya mengatakan, pembuatan busana dari bahan tenun belakangan ini sudah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat, tidak terkecuali di Kabupaten Bima.

Munculnya beragam motif saat ini secara langsung meningkatkan daya kreasi untuk dibuat menjadi busana, baik itu busana kerja, busana pesta maupun busana sehari-hari (casual).

Seiring dengan perkembangan dan kecenderungan gaya busana, saat ini tenunan yang ada seperti sarung sudah dapat dimodifikasi menjadi busana atau baju yang dapat dikenakan sebagai busana kerja, pesta maupun sehari-hari,” jelas Arifudin.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian, Promosi Perindustrian dan Perdagangan dinas Perindag Kabupaten Bima Erny Rahmawati, SE, mengatakan, pelatihan tersebut berlangsung selama lima hari dari tanggal 25 sampai 29 Maret 2019 diikuti 20 peserta yang dibagi dalam empat kelompok.

“Pada pelatihan ini, peserta dibekali dengan pengetahuan tentang 3 materi terkait pemilihan bahan atau motif yaitu untuk busana kerja, busana pesta dan busana sehari-hari,” urainya.

Dijelaskannya, cara mengatur motif tenunan sebelum dilakukan proses pemotongan bahan, maka perlu diketahui terlebih dahulu busana seperti apa yang akan dipakai agar keserasian motif terlihat menarik.

“Di sinilah diperlukan daya kreasi yang kita bisa dapatkan dari pengalaman dan banyaknya melihat model busana yang sudah ada,” ungkap Erny. (WR-Man)