Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bima Gelar Bimtek e-arsip

1321

KOTA BIMA, Wartantb.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Bimbingan Teknis Sistem Aplikasi Kearsipan (e-arsip) lingkup pemerintah Kota Bima. Acara yang berlangsung di Aula SMPN 6 Kota Bima, Selasa (21/11/2017) dibuka secara resmi Asisten Administrasi Umum Drs. Mukhtar MH.

Kegiatan Bimtek juga dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Bima dan 80 peserta yang terdiri dari sekretaris OPD, sekretaris kecamatan dan sekretaris kelurahan.

Sedangkan yang menjadi Narasumber dalam kegiatan Bimtek adalah Arsiparis pada Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi NTB Satrio Pinto Nugroho dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima H. Mahfud M.Pd.

Dalam sambutan Walikota Bima yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum H. Mukhtar MH menyampaikan, dunia kearsipan selama ini hanya berkutat pada kertas-kertas sehingga perlu memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mengolah, mengakses dan penyebaran serta pelestarian arsip.

“Arsip-arsip kuno yang memiliki nilai informasi sejarah dan mengandung keunikan yang sangat menarik, sekarang telah disajikan dan dapat diakses melalui media elektronik,” ujar Asisten III.

Lebih lanjut dijelaskannya arsip-arsip yang dulunya hanya dapat dilihat dan dibaca pada pusat-pusat arsip, kini dapat diakses secara online dan bahkan layanannya telah mengarah pada sistem layanan otomatis.

Diakhir sambutannya, Ia berharap kegiatan Bimtek dapat membuka wawasan yang luas bagi para peserta agar lebih bersahabat dengan teknologi. (WR-02)