Dikes Kabupaten Bima Laksanakan Tes Kesehatan 464 Orang Calon Jemaah Haji

598
Dikes Kabupaten Bima Menggelar Tes Kesehatan Calon Jemaah Haji.

BIMA, Warta NTB –  Memasuki musim haji tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kesehatan melakukan Tes Kebugaran dengan sistem Rockport lari dan jalan sejauh 1,6 km terhadap 464 Jemaah Calon Haji (JCH) yang berlangsung di lima lokasi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Bima M. Farid MPH selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, tes kebugaran jasmani JCH Kabupaten Bima akan berlangsung secara marathon selama lima hari, mulai hari Senin 8 April sampai dengan Jumat 12 April 2019.

“Tes kebugaran kesehatan jasmani JCH ini penting untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik khususnya kebugaran jantung dan paru-paru,” kata Farid, Senin (8 /4/2019).

Farid menjelaskan, hari ini Tim melakukan tes kesehatan JCH dari Kecamatan Madapangga, Soromandi, Donggo dan Sanggar yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Sondosia.

“Khusus untuk di RS Sondosia telah dilakukan tes pada 80 jemaah calon haji,” jelasnya.

Selanjutnya untuk hari kedua,  Tim Medis akan memusatkan tes kesehatan untuk Kecamatan Woha, Palibelo, Belo dan Lambitu di Lapangan sepak bola desa Talabiu. Di lokasi yang sama juga pada tanggal 10 April 2019 dilakukan tes kesehatan JCH yang berdomisi di wilayah kecamatan Monta, Parado dan Langgudu.

Ia menambahkan, sesuai jadwal yang dikirim kepada seluruh Kepala Puskesmas, pada hari Kamis, Tim Medis yang dipimpin dr. Hj. Titien Sumarni akan melakukan tes kesehatan JCH Kecamatan Sape dan Lambu yang akan di pusatkan di lapangan sepak bola Semangka Sape.

“Tes tersebut akan berakhir Jumat 12 April untuk mengetahui kondisi kesehatan JCH Kecamatan Wera dan Ambalawi di lapangan sepak bola desa Tawali,” terang Farid. (WR-Man)