Dikbudpora Bima Genjot Mutu Pendidikan Melalui Pemilihan Guru Hebat

1333
Kadis Dikbudpora Zunaidin, S.Sos MM membuka acara pemilihan duta guru hebat tingkat SMP se Kabupaten Bima di kantor dinas setempat, Senin (29/7/2019).

BIMA, Warta NTB – Sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahrga (Dikbudpora) Kabupaten Bima menggelar pemilihan duta guru hebat tingkat Sekeloh Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Bima.

Acara  yang dibuka Kadis Dikbudpora Zunaidin, S.Sos MM di kantor  dinas setempat, Senin (29/7/2019) diikuti oleh perwakilan guru tingkat SMP se Kabupaten Bima dan dihelat selama dua hari yakni mulai tanggal 29 s/d 30 Juli 2019.

Kadis Dikbudpora Zunaidin mengatakan, tuntutan dan kebutuhan guru yang profesional di lingkungan sekolah menengah pertama dirasakan sangat besar sehingga menuntut para guru agar dapat bekerja secara profesional dalam menciptakan generasi penerus bangsa.

Sebagaimana kita ketahui lanjunya, kegiatan pemilihan guru hebat yang kita laksanakan hari ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Bima sehingga mampu menciptakan guru yang profesional sesuai dengan bidang tugasnya karena mengingat guru merupakan penentu maju dan mundurnya pendidikan di Tanah Air.

“Guru merupakan ujung tombak pelaksanaan dunia pendidikan. Peran guru sangat menentukan sukses dan tidak pendidikan. Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan akan muncul guru yang profesional dan inovatif dalam memajukan dunia pendidikan,” katanya.

Zunaidin mengibaratkan peran guru seperti nahkoda kapal yang mengarahkan, membimbing dan memberi petunjuk ke awak kapalnya sehingga kapal tersebut bisa berjalan dengan baik mencapai tujuan.

“Dalam pendidikan formal, guru memegang kendali penuh terhadap anak didiknya. Baik atau tidaknya pembelajaran dalam kelas bergantung pada guru sebagai ujung tombak,” ujarnya.

Selain itu, guru juga sangat berperan dalam membentuk watak dan karakter generasi bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diharapkan, maka peranan guru sulit digantikan oleh yang lain.

Untuk itu, guru harus memiliki sikap dan sifat yang baik sehingga dapat menjadi contoh dan teladan bagi siswa yang diajarkannya. “Dengan kata lain guru harus memiliki kualitas yang baik untuk menjadikan pendidikan lebih bermutu,” sebutnya.

Kadis berharap melalui pemilihan duta guru yang digelar dapat meningkatkan kualitas guru dalam rangka mendukung dan meningkatkan mutu pendidikan khusunya di Kabupaten Bima.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas guru dalam mensukseskan program pendidikan di Indonesia lebih khususnya di daerah  kita dengan mengembangkan potensi peserta didik sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berahlak dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung  jawab,” harapnya.

Kasi Pendidikan dan Kependidikan Lingkup Dikbudpora Kabupaten Bima DR. Zunaidin Ismail mengatakan, adapun penilaian terhadap para peserta duta guru hebat antara lain, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai guru.  

“Sehingga melalui seleksi yang dilakukan ini akan melahirkan guru hebat yang profesional dan inovatif yang dapat menjadi menjadi contoh dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bima,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima H. Asraruddin, SH M.Pd menyampaikan, peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yaitu guru, orang tua, masyarakat dan didukung oleh pemerintah.

“Peran guru, orang tua, masyarakat sangatlah penting bagi dunia pendidikan agar siswa bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan menjadi generasi emas bangsa di masa depan,” katanya.

Ia menambahkan, permasalahan tentang pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tapi orang tua dan masyarakat juga tetap memeiliki peran karena pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab sekelompok orang tetapi merupakan tanggung jawab bersama.

“Di samping itu, dalam hal ini peran guru sebagai pendidik juga sangat berpengaruh dalam membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sehingga mampu meraih apa yang mereka cita-citakan. Guru juga harus berperan sebagai motivator, ini bertujuan untuk meningkatkan gairah siswa dan pengembangan kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi PAUDNIPORA Kabupaten Bima, para Kepala UPT Dikbudpora se Kabupaten Bima serta para guru dan pendukung kegiatan tersebut. (WR-Man)