Didampingi TNI-Polri, Puskesmas Monta Lakukan Vaksinasi Lansia

215
Kegiatan vaksinasi lansia yang dilakukan Puskesmas Monta didampingi TNI-Polri.

BIMA, Warta NTB – Meski sempat terhambat akibat bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bima beberapa waktu yang lalu, namun pasca banjir bandang kegiatan vaksinasi bagi lansia terus dilakukan Puskesmas Monta didampingi TNI-Polri Kecamatan Monta.

Bahkan di awal Mei tahun 2021 ini sudah beberapa yang disisir untuk memberikan layanan vaksinasi bagi lansia yang tentunya didampingi TNI-Polri dari personel Polsek Monta dan Koramil Monta.

Kepala PKM Monta dr. Hj. Wahyuni yang ditemui di lokasi vaksinasi Desa Pela, Kecamatan Monta mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh PKM Monta guna memutus mata rantai penularan dan penyebaran virus corona atau Covid-19 khususnya bagi para lansia yang rentan terhadap penularan Covid-19.

“Meski kami dari PKM Monta agak terlambat melakukan kegiatan vaksinasi akibat fasilitas Puskesmas terendam banjir dan keterlambatan itu kami kejar dengan melakukan vaksinasi bahkan hingga hari ini sudah 107 orang lansia yang sudah divaksin terdiri dari Desa Tangga, Sie, Simpasai dan Desa Pela,” ungkapnya.

Dokter muda ini menegaskan bahwa dalam kegiatan vaksinasi lansi, pihaknya bersama instansi terkait tetap mematuhi protokol kesehatan Covis-19.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan guna mencegah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona khususnya di Kecamatan Monta dan Kabupaten Bima pada umumnya,” ujarnya.  

Oleh karena itu, Wahyuni mengimbau kepada masyarakat agar tetap taat dan patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Saya harap kepada suluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, jaga jarak, selalu pakai masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan kita bersama. Semoga virus ini cepat berlalu,” harapnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Pela Muallimin mengatakan, jumlah lansia yang divaksin di desanya adalah sebanyak 40 orang dan sebelum dilakukan vaksin pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim medis dari PKM Monta.

“Kegiatan ini merupakan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 bagi warga khususnya pada umur lansia,” katanya.

Kapolsek Monta Iptu Takim menyampaikan, selama kegiatan vaksinasi pihaknya bersama personel Koramil Monta terus mendampingi tim medis untuk melakukan vaksinasi lansia di Kecamatan Monta.

“Dalam kegiatan ini, pihak kami TNI-Polri terus mendampingi tim medis, baik itu dalam bentuk pendampingan maupun membantu antar jemput lansia saat dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

Iptu Takim menyebutkan bahwa kegiatan vaksinasi yang digelar di aula kantor Desa Pela tersebut berjalan dengan tertib dan lancar tanpa ada kendala.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Sebagai TNI-Polri kami wajib mengawal karena ini merupakan atensi dan perintah dari pimpinan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terangnya. (WR-Udin)