Desa Tangga Baru Awali MTQ Tingkat Desa di Kecamatan Monta Tahun 2021

547

BIMA, Warta NTB – Setelah dilaksanakan selama 7 hari, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang ke 15 tingkat Desa Tangga Baru Kecamatan Monta Kabupaten Bima secara resmi ditutup Camat Monta Drs. Nurdin, Selasa (28/9/2021) malam.

Kegiatan yang dilaksnakan sejak tanggal 21 hingga 28 September 2021 digelar di arena lapangan Dusun Tanjung Baru, Desa Tangga Baru. Kegiatan penutupan dihadiri Kepala Desa Tangga Baru diwakili Sekretaris Desq Rusdin. S.Pd, Ketua TP PKK Desa Sarafiah dan Anggota, TKSK Kisman. SH, Kepala Seksi Kesos, Ketua BPD Sulham. S.Pd dan anggota

Ketua Panitia Raihan dalam laporannya mengatakan, anggaran pelaksanaan MTQ tingkat desa sebanyak Rp 21 juta dari APBDes Tahun 2021

“Anggaran tersebut digunakan untuk pelaksanaan kegiatan mulai dari pembangunan arena MTQ, biaya konsumsi dan hadiah bagi para juara di setiap bidang yang dilombakan,” katanya.

Pada kesempatan itu Raihan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak sehingga MTQ yang ke 15 Tingkat Desa Tangga Baru berjalan lancar

“Sebagai Ketua panitia, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi baik tenaga dan pikiran sehingga MTQ yang ke 15 tingkat Desa Tangga Baru berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Di acara penutupan Camat Monta Drs. Nurdin menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Tangga Baru yang selama dua tahun berturut menjadi desa pertama di Kecamatan Monta yang mengawali kegiatan MTQ tingkat desa.

“Kinerja Pemdes Tangga Baru patut kami apresiasi karena selama dua tahun berturut-turut menjadi desa yang pertama yang melaksanakan MTQ tingkat desa,” sebutnya.

Disampaikan Camat, kegiatan MTQ merupakan salah satu upaya membangun generasi Qurani, sebagai upaya pengembangan tilawah dan pendalaman hafalan alquran bagi generasi penerus bangsa.

“Kemampuan yang mereka miliki tentunya harus mendapat dukungan dari para orang tua dan pembina TPQ di masing-masing desa. Maka melalui momen MTQ ini kita manfaatkan untuk membimbing dan mendidik generasi muda agar mencintai dan membumikan alquran sebagai bekal mereka di masa yang akan datang,” katanya.

Pada kesempatan itu Camat juga menyampaikan imbauan kepada masyaralkat agar patuh dan taat melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Sebagai upaya pencegahaan penyebaran Covid-19, maka kita harus taat dan patuh terdapat protokol kesehatan dan bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar mengikuti layanan vaksi yang disediakan pemerintah seperti di Puskusmes Monta dan layanan Mobile di kantar desa,” imbaunya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Tangga Baru melalui Sekretaris Desa Rusdin usai kegiatan mengatakan, kegiatan MTQ tingkat desa ini dilaksanakan sebagai salah upaya pemerintah Desa untuk mencari bibit-bibit baru Qori dan Qoriah dalam mengikuti MTQ tingkat Kecamatan, Nasional maupun Internasional

Yang tidak kala pentingnya adalah merupakan salah satu alat Evaluasi pemerintah kecamatan terhadap para guru mengaji untuk mengajar anak-anak dan ramaja dalam membaca Al-Qur’an atau mengisi waktu antara magrib menjelang isya.

“Dari kegiatan ini akan terlihat keberhasilan seorang guru mengaji terhadap pembinaan yang dilaksanakan selama satu tahun” ujar Sekdes. (WR-Al)