Desa Ntonggu Siap Hadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten

1367
Menghadapi lomba desa tingkat Kabupaten Bima berbagai persiapan dilakukan Pemerinta Desa Ntonggu.

BIMA, Warta NTB – Desa Ntonggu adalah salah satu desa yang ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Palibelo dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima. Guna menghadapi lomba tersebut berbagai persiapan dan pembenahan tengah dilakukan Pemerintah Desa Ntonggu.

Seperti dijelaskan, Kepala Desa Ntonggu Firdan H. Abdullah yang ditemui di kantor desa setempat, Rabu (20/3/2019) mengatakan, Desa Ntonggu merupakan salah satu desa dari 12 desa yang ada di Kecamatan Balibelo yang ditunjuk untuk mewakili  Palibelo dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima.

Dikatakan, desa yang terdiri dari 30 Rukun Tetangga (RT), 9 Rukun Warga (RW) dan 5 dusun serta memiliki kurang lebih 6 ribu jiwa ini, memang sangat strategis mewaki Kecamatan Palibelo menghadapi lomba desa.

Adapun alasannya, kata dia, dimana lingkungan di Desa Ntonggu cukup tertata dengan baik, ekonomi masyarakat stabil, kondisi sosial budaya juga berbeda pada desa umumnya serta sistim pemerintahan desa yang berjalan sesuai mekanisme yang ditetapkan undang-undang dan peraturan lainya.

Kepala Desa mengaku, untuk menghadapi lomba tersebut berbagai persiapan dan pembenahan tengah dilakukan sejak satu minggu terakhir baik itu persiapan fisik maupun administrasi yang akan menjadi acuan penilaian bagi tim penilai.

“Persiapan dan pembenahan terus kami lakukan sejak satu minggu terakhir, baik itu dilaksanakan siang maupun malam. Ada dua hal yang paling dipersiapkan yakni persiapan fisik dan administrasi, kedua item ini sangatlah menyita waktu dan tenaga serta pikiran,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, persiapan yang dilakukan pihaknya saat ini sudah mencapai 70 persen dan dengan waktu yang tersisa akan diupayakan mencapai 100 persen hingga mencapai angka maksimal untuk mengahadapi penilaian yang akan dilakukan Tim Penilai pada bulan Maret mendatang.

“Dengan persiapan yang maksimal, kami harap desa kami dapat meraih juara satu dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima tahun 2019 sehingga bisa mewakili Kabupaten Bima dalam lomba desa tingkat provinsi hingga nasional. Mudah-mudahan apa yang telah dikerjakan secara bersama dapat menuai hasil yang memuaskan,” harapnya. (WR-Man)