Dekatkan Pelayanan, Dukcapil Kabupaten Bima Rekam E-KTP Pelajar di SMAN 1 Monta

536

BIMA, Warta NTB – Guna mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi pelajar SMAN 1 Monta. Perekaman E-KTP yang berlangsung, Sabtu (22/1/2022) pagi antusias disambut oleh para pelajar.

Dalam perekaman KTP setidaknya ada 8 orang staf yang diturunkan Dukcapil untuk melayani perekaman KTP pelajar.

Kepala Dinas Dukcapil Salahuddin, SH M.Si melalui salah satu staf Siti Saidah mengatakan, perekaman E-KTP untuk kalangan pelajar di SMAN 1 Monta merupakan perekaman kedua yang dilakukan Dukcapil di Kecamatan Monta.

“Sebelum di SMAN 1 Monta kami telah melakukan perekaman E-KTP bagi kalangan pelajar di SMKN 1 Monta dan E-KTP yang sudah jadi diserahkan langsung Bupati Bima di kantor Camat Monta beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.

Disebutkan Siti Saidah dalam kegiatan ini ada dua pelayanan yang dilakukan yakni perekaman E-KTP bagi siswa yang telah berusia 17 tahun dan pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi siswa yang masih belum mencapai usia 17 tahun.

“KIA ini adalah salah satu terobosan baru yang dilakukan pemerintah pusat untuk menyatukan identitas termasuk bagi anak yang berusia di bawah 17 tahun,” katanya.

Siti Saidah menjelaskan, tujuan dilakukan pelayanan ini agar para pelajar yang telah berusia 17 tahun bisa memiliki KTP dan bagi siswa yang di bawah umur memiliki KIA.

“Untuk pencetakan KTP-nya cukup cepat satu minggu sudah bisa kami serahkan ke pihak sekolah untuk disampaikan ke masing-masing siswa yang telah merekam E-KTP,” jelasnya.

Dia berharap dengan mendekatkan pelayanan, para siswa yang telah berusia 17 tahun dapat memiliki E-KTP untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk lanjut kuliah dan keperluan lainnya.

“Dengan memiliki E-KTP sendiri, para siswa akan lebih mudah mengurus berbagai keperluan yang berkaitan dengan data kependudukan,’ tutupnya. (WR-02)