Dapat Bantuan Akses Internet dari Pemkab Bima, RRI Bima Kambali Mengudara

1289
Instalasi akses internet Studio Pemancar Ulang (relay) RRI Bima yang berlokasi di Pesanggrahan Raja di Kecamatan Donggo, Selasa (27/8/2019).

BIMA, Warta NTB – Tim Jaringan Komunikasi Daerah (Jarkomda) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima melakukan instalasi akses internet pada Studio Pemancar Ulang (relay) RRI Bima yang berlokasi  di Pesanggrahan Raja di Kecamatan Donggo, Selasa (27/8/2019).

Wakil Ketua Tim, Muhammad Irfan, ST M.Eng yang memimpin langsung pemasangan  perangkat mengatakan, pekerjaan yang sudah dilakukan beberapa hari ini berhasil menyediakan akses internet. Jaringan akses internet yang dipasang di lokasi Pesanggrahan Raja Kecamatan Donggo diambil dari Kantor Dinas Kominfostik di kota Bima menggunakan jaringan radio point to point. 

“Instalasi akses internet yang  dimulai beberapa hari lalu sudah dapat mendukung  on air siaran RRI Bima  dan secara teknis, test speed sudah dilakukan dan Alhamdulillah akses jaringan internetnya sangat bagus dengan kecepatan rata-rata 20 Mbps” tambah alumni S2 ITS ini.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, H.M Antonius, S.STP mengatakan, pemasangan akses internet dilakukan atas kerjasama RRI Bima dengan Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, berdasarkan permintaan Kepala RRI Mataram.

“Sesuai instruksi Bupati Bima, kita Dinas Kominfostik memberikan dukungan akses internet di Studio Pemancar Ulang RRI Bima di Pesanggrahan Raja di Kecamatan Donggo. Alhamdulillah hari ini sukses dilaksanakan,” ungkapnya.

Senada dengan Kadis Kominfostik, Koordinator RRI Bima, Sahrudin memaparkan, sejak tanggal 9 Juli 2019 lalu RRI Bima tidak mengudara akibat peralatan transmitter UHF link yang rusak sehingga siaran lokal maupun merelay RRI mataram hanya menggunakan aplikasi radio streaming maupun RRI Play.

“Alhamdulillah sejak hari Senin tanggal 26 Agustus kemarin  berkat kerja keras Tim Dinas Kominfostik apa yang menjadi keluhan selama ini dapat tertangani,” kata Sahrudin.

Sahrudin menjelaskan, RRI Bima yang berlokasi di Desa Kalampa,m Kecamatan Woha mengudara dengan semboyan Sekali Diudara Tetap Diudara dengan frequensi 91,4 Mhz  akan tetap menyapa dengan nuansa yang tetap dibutuhkan masyarakat. Sebagai lembagan penyiaran yang netral dan independen akan terus berbenah diri

“Selain mencakup Kabupaten dan Kota Bima, Dompu,  area pancar RRI Bima dapat menjangkau  NTT seperti Ende, Flores dan daerah sekitarnya,” terang Sahrudin.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kominfostik, terutama atas dukungan penuh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang telah membantu memberikan akses internet untuk kelancaran siaran RRI Bima.

“Dalam waktu  dekat kami akan menambah jumlah jam siaran untuk melayani dan memberi layanan informasi sebagai lembaga penyiaran publik kepada masyarat,” iImbuhnya. (WR-Man)