Danrem 162/WB Resmi Menutup TMMD ke 103 Kodim 1608/Bima Tahun 2018

880
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH. M.Han menutup secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima.

BIMA, Warta NTB – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH. M.Han menutup secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 di lapangan bola Desa Lambu Kecamatan Lambu Kabupaten Bima.

Upacara penutupan  yang berlangsung , Selasa (13/11/2018) dihadiri Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bima, Anggota DPR RI HM. Syafrudin SE, Dandim sepulau Sumbawa, Musipka Lambu, Kepala Desa se Kecamatan Lambu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat setempat ikut meramaikan acara penutupan.

Kepala Staf TNI AD (Kasad) selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 162/WB dihadapan peserta Upacara penutupan dan undangan menyampaikan semangat kebersamaan dan gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja dilapangan selama kegiatan TMMD ke 103 merupakan kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa.

“Semangat kebersamaan inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara,” tegasnya.

Selain itu, Kasad juga dalam amanatnya menyampaikan tentang konsep imunitas bangsa. “Imunitas Bangsa pada dasarnya merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan TNI AD dalam memandang persoalan sosial, yang berakar  dari perubahan sikap hidup dan pudanya nilai-nilai luhur bangsa, seperti semangat untuk bersatu, menghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban,” jelasnya.

Menurutnya, konsep pemikiran ini merupakan salah satu jawaban atas kondisi bangsa kita yang semakin rentan atas pengaruh buruk modernisasi dan globalisasi, sehingga lebih mementingkan pembangunan fisik dan melupakan pentingnya pembangunan nilai yang merupakan kunci kemajuan budaya suatu bangsa di tengah kompetisi global dewasa ini.

Mengakhiri sambutannya, Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, Instansi Kementerian terkait khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama Prajurit TNI dalam mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran TMMD ke 103 tahun 2018.

Adapun tema yang diusung pada TMMD ke 103 ini adalah “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis”, sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran.”

Usai melaksanakan upacara penutupan, Danrem menyerahkan sembako dan memberikan hadiah kepada pemenang lomba Pramuka dan meninjau pasar murah dan pengobatan massal bersama Bupati Bima.

Sekedar diketahui Program TMMD ke 103 tahun 2018 di wilayah Kodim 1608/Bima dipusatkan di dua desa yaitu Desa Lambu dan Desa Soro Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Program ini dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 15 Oktober s/d 13 November 2018 yang dilakukan dengan kegiatan pembangunan fisik dan non fisik.

Sesuai dengan, laporan Dandim 1608/Bima Letkol inf Bambang Kurnia Eka Putra sebelumnya bahwa secara umum kegiatan fisik yang dilaksanakan antara lain di Desa Lambu yakni, pembangunan Masjid Ar-Rahman, pembangunan 2 unit Poskamling, peningkatan jalan usaha tani sepanjang 2500 meter dan peningkatan jalan alternatif yang menghubungkan Desa Lambu dengan Desa Nggelu sepanjang 3200 meter.

Sedangkan di Desa Soro kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pembangunan tempat pembuangan sampah (TPA), perbaikan Mushola dan pembangunan 1 unit Poskamling.

Sementara dalam kegiatan nonfisik ada 13 item program yang dilaksankan sperti penyuluhan Wasbang, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan perbankan, penyuluhan budaya rumput laut, penyuluhan KB, penyuluhan kesehatan, penyuluhan ketahanan pangan, penyuluhan kebudayaan dan pariwisata, penyuluhan hukum dan Ham, penyuluhan agama, penyuluhan sosial masyarakat, kemah bela negara dan hiburan pemutaran film perjuangan.

Sebelumnya, Dandim Bima juga menegaskan bahwa seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke 103 di wilayah Kodim 1608/Bima tahun 2018, baik kegiatan fisik dan non fisik sepenuhnya telah rampung dilaksanakan 100 persen dan masyarakat kini dapat menikmati dan merasakan hasil karya jajaran TNI tersebut. (WR)