Cegah Stunting, TPID Palibelo Gelar Rembug Stunting Desa

707
TPID Palibelo menggelar kegiatan Rembug Stunting Desa di aula kantor Desa Teke, Kecamatan Palibelo, Kamis (12/12/2019).

BIMA, Warta NTB – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Palibelo menggelar kegiatan Pra Musrembag Desa “Rembug Stunting Desa” yang digelar di aula kantor Desa Teke, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Kamis (12/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Palibelo yang diwakili Kasi Bidang Pemerintahan Syafrudin BA, Ketua TPID Palibelo Mardiansyah, M.Si, Kepala Desa Hidayat, M. Si,  Sekretaris Desa Nurhayati, S.Sos,  Ketua BPD Imran, SE, dan para kader pembangunan rumah desa sehat.

Ketua TPID Mardiansyah  mengatakan, kegiatan Rembug Stunting merupakan wadah komunikasi untuk mengusulkan segala kekurangan, ide atau inovasi untuk pencegahan terjadinya stunting.

“Dalam kegiatan Rembug Stunting membahas lima paket pencegahan, yakni pelayanan KIA, sanitasi dan air bersih, konseling gizi terpadu, pelayanan jasa sosial  dan PAUD,” jelasnya.

Mardiansyah menerangkan, stunting adalah kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan, yaitu semenjak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun, maka untuk mencegah hal tersebut TPID menggelar kegiatan rembug stunting desa. Dalam kegiatan rembug para peserta dapat memberikan saran usul sesuai dengan 5 paket pencegahan yang disampaikan.

“Ini merupakan gambaran program inovasi untuk memberi edukasi pada masyarakat  dengan melakukan komunikasi untuk menguatkan usulan pencehan stunting yang akan disampaikan pada Musrembang  di masing-masing desa nantinya,” kata dia.

Kasi Bidang Pemerintahan Syafrudin yang mewakili Camat Palibelo sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh TPID Palibelo sebagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting di Kecamatan Palibelo.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat Palibelo terutama masyarakat Desa Teke tempat pelaksanaan kegiatan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Teka Hidayat mengatakan, selain upaya pencegahan stunting pemerintah Desa Teke juga telah mencanangkan kegiatan rumah desa sehat dengan membentuk pengurus yang ada di desa.

Melalui rumah sehat ini, kita tidak hanya ingin pengurus saja yang terlibat, tetapi kita harapkan kepada seluruh masyarakat agar bisa menerapkannya dengan menanam pohon pelindung dan tanaman obat-obatan di sekitar rumah.

“Alhamdulillah di tahun 2019 ini kami sudah menyiapkan pohon untuk rumah pangan lestari seperti pohon mangga, kelengkeng dan kami juga telah menyiapkan  bibit tanaman toga. Semoga dengan program rumah sehat bisa berjalan beriringan dengan program pencegahan stunting,” harapnya. (WR-Man)