Cegah PMK Biddokkes Polda NTB Desinfektan Kandang dan Edukasi Peternak

278

MATARAM, Warta NTB – Guna meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) serta upaya antisipasi, kewaspadaan dini terhadap pemasukan, penularan dan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan di Provinsi NTB. Tim Biddokkes Polda NTB mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada kelompok tani ternak dan rumah potong di Kota Mataram.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto mengatakan, kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut dengan sasaran para kelompok petani ternak dan rumah potong.

“Tim Biddokkes Polda NTB telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada kelompok tani ternak kambing dan rumah potong kambing Beriuk Maju yang ada di jalan Transmigrasi, Lingkungan Majeluk Kecamatan Pejanggik. Kota Mataram, Jumat (5/8/2022) pagi,” ucap Artanto Jumat sore.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan hewan atau ternak kepada masyarakat, pemilik lapak, dan khususnya bagi peternak hewan untuk pencegahan penyebaran PMK.

“Pada kesempatan tersebut Tim Biddokkes juga melakukan penyemprotan desinfektan dan dekontaminasi pada kandang, peralatan, kendaraan dan bahan-bahan lainnya yang kemungkinan menularkan penyakit PMK pada hewan ternak. Selain itu Tim juga melakukan pengamatan (tracing) terhadap kandang dan hewan ruminansia,” tutupnya. (WR-02)