Cegah Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Monta Gelar Perilaku “CERDIK” Bersama TNI

326
Kegiatan pencegahan penyakit tidak menular melalui program Cerdik yang digelar Puseksmas Monta bersama TNI Koramil Monta, Sabtu (16/1/2020).

BIMA, Warta NTB – Mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Monta Kabupaten Bima menggelar Perilaku Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat Cukup dan kelola stres (CERDIK) bersama Koramil Monta.

Pelaksanaan yang digelar di Kantor Puskesmas Monta, Sabtu (16/1/2020) diawali dengan apel gabungan dilanjutkan dengan senam sehat, makan buah bersama sekaligus pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol sebagi deteksi dini terhadap penyakit.

Nur Hidayati, S.Kep Ners selaku pelaksana program penyakit tidak menular yang ditemui wartawan di Puskesmas setempat mengatakan, PTM adalah penyakit yang tidak menular dan bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus atau bakteri, namun lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup sehari-hari.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan program penyakit tidak menular adalah dengan memelakukan perilaku hidup sehat seperti tidak merokok, selalu konsumsi sayur dan buah lebih dari 5 porsi per hari, konsumsi garam tidak lebih dari 1 sendok per orang per hari, konsumsi gula tidak lebih dari 4 sendok makan per orang per hari, konsumsi lemak (minyak) tidak lebih dari 5 sendok makan perorang perhari, aktifitas fisik minimal 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali per minggu, tidak mengonsumsi alkohol dan kendalikan stres.

“Sesuai rekomendasi kementerian kesehatan untuk mencegah penyakit menular adalah dengan tidak merokok, batasi konsumsi gula, garam dan lemak secara berlebihan, rajin konsumsi buah dan sayur, rajin aktifitas fisik dan cek kesehatan secara teratur,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Puskesmas Monta mengatakan, untuk mencgah PMT adalah dengan menjaga kondisi tubuh seperti berat badan ideal, gula darah normal, kolesterol dan tekanan darah normal, lingkungan yang sehat bebas polusi udara, kendaraan yang layak jalan, fasilitas umum untuk aktifitas fisik seperti tempat bermain dan olahraga.

Dokter Yuni menambahkan, maka untuk mendukung pencegahan penyakit tidak menular pihak Puskesmas Monta tetap melakukan cek kesehatan secara berkala.

“Dari kegiatan Cerdik ini diharapkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat salah satunya giat berolahraga untuk menghindari PTM,” harapanya.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Danramil 1608-07 Monta Mayor Inf Syaharudin bersama anggota. Dalam kegiatan ini sejumlah anggota TNI terlihat antusias mengikuti cek kesehatan dan tahapan kegiatan perilaku Cerdik yang digelar Puskesmas Monta. (WR-Al)