Cegah Malaria, Dikes dan Puskesmas Monta Tebar 5.000 Bibit Ikan Nila di Dusun Wane

460

BIMA, WartaNTB – Dinas Kesehatan Kabupaten Bima bersama jajaran Pusekesmas Monta menebar 5.000 bibit ikan nilai di Dusun Wane, Desa Tolotangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Senin (23/11/2020).

Kepala Puskesmas Monta dr. Hj. Wahyuni mengatakan, penebaran bibit ikan nila di Dusun Wane dilakukan sebagai upaya pencegahan untuk mengantisipasi perkembang biakan jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria.

“Ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan Dinas Kesehatan melalui Puskemas Monta untuk mencegah penyeberan penyakit yang disebabkan oleh jentik nyamuk menjelang musim penghujan,” katanya.

dr. Yuni mengaku, kegiatan serupa juga pernah dilakukan di Dusun Wane, Sebagai daerah pesisir yang menyimpan banyak kantong air dan rawa Dusun Wane sangat beresiko terhadap perkembang biakan jentik nyamuk yang menyebabkan malaria maupun deman berdarah.

“Ini bukan kali pertama kami melakukan penebaran bibit ikan, tahun lalupun kami sudah melepas bibit ikan di Dusun Wane. Alhmadulillah kasus penyakit malaria di Kecamatan Monta turun dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dijelaskan dr. Yuni, manfaat penebaran bibit ikan nilai adalah sebagai predator alami pembasmi jentik nyamuk yang biasanya berkembang biak di kantong-kantong air dan di rawa-rawa dekat pemukiman penduduk.

“Dengan adanya penebaran bibit ikan nila, maka akan menekan perkembang biakan jentik nyamuk yang membawa penyakit bagi manusia,” jelasnya.

Di tengah pandemi virus corona yang tengah melanda dunia saat ini, dr. Yuni berpesan kepada masyarakat agar selalu hidup bersih dan menjaga kesehatan. Ia juga berpesan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan tidak berkerumun dan yang tak kalah pentingnya adalah sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Kesehatan masyarakat merupakan hal utama yang harus dijaga dan dengan adanya kegiatan semacam ini semoga bisa memotivasi masyarakat agar tetap hidup bersih menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar,” harapnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Dikes Kabupaten Bima Suherman menyebutkan, kegiatan penebaran bibit ikan nila di beberapa lokasi yang dianggap rawan dan berisiko terhadap penyebaran penyakit malaria di Kabupaten Bima dilakukan secara rutin mejelang musim penghujan.

“Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran penyakit malarian dan penyakit lainnya mejelang musim penghujan. Termasuk kegiatan yang kita lakukan di Dusun Wane hari ini,” ungkapnya.

Tutut hadir dalam kegiatan Kepala Desa Tolotangga, Habibi Ibrahim, Bhabinkamtibmas Tolotangga Bripka Suherman, Babinsa Serka Saharullah dan Kepala Dusun Wane Arifin, S.Sos serta rombongan Dikes dan Puskesmas Monta. (WR-Udin)