Cegah Gizi Buruk, Posyandu Mada Seli Kanca Cek Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

250
Kegiatan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Posyandu Mada Seli, Desa Kanca, Kecamatan Parado, Senin (15/2/2021).

BIMA, Warta NTB – Peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di tengah masyarakat sangat penting dalam mencegah  gizi buruk pada anak serta kematian ibu saat kehamilan untuk itu kader Posyandu Mada Seli, Desa Kanca, Kecamatan Parado menggelar pelayanan Kesehatan dengan mengecek pertumbuhan dan perkembangan bagi ibu hamil dan anak di kantor desa setenpat, Senin (15/2/2021).

Kepala Puskesmas Parado H. Abdul Salam, S.Kep mengatakan, Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak lebih khusus kecamatan Parodo dalam mencegah  gizi buruk pada anak serta kematian ibu hamil.

“Kegiatan Posyandu ini dilaksanakan setiap bulan untuk lima desa di Kecamatan Parodo dan hari ini kami laksanakan di Desa Kanca,” ucapnya.

Hal ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan melalui pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan secara berkala supaya tidak ada lagi gejala bayi dan balita mengalami gizi buruk dan kekerdilan.

Selain itu kata Abdul Salam, kegiatan Posyandu juga melakukan pemberian makanan sehat seperti bubur serta makanan sehat lainnya untuk menghindari gizi buruk bagi bayi dan balita

“Banyak orang tua tidak terlalu peduli dengan kondisi anak, maka di harapkan kepada masyarakat ke Posyandu untuk mengukur dan menimbang berat badan anak jangan menganggap anak yang lincah itu sehat, padahal belum tentu,” katanya.

Sementara itu Sekdes Kanca Abdurrahman mengaku, sangat bangga pada seluruh jajaran para Kader Posyandu dan kader PKK yang memiliki etos kerja yang baik dansemangatnya luar biasa yang peduli terhadap kesehatan ibu dan anak.

“Saya berharap kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan dan ditingkatkan lagi untuk menumbuhkan pola hidup sehat,” harapnya.

Mewakili pemerintah Desa, Sekdes menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kader Posyandu atas kinerjanya membantu masyarakat di desa lebih khusus Desa Kanca dalam peningkatan pelayanan kesehatan,

“Kepada para kader Posyandu kami sampaikan ucapan terima kasih atas kinerja dan dedikasinya membantu masyaraka selama ini,” ucapnya. (WR-Zal)