Cegah Banjir dan Optimalkan Fungsi Drainase, Kades Sakuru Pimpin Kegiatan Gotong Royong

334
Kepala Desa Sakuru Soeharto, S.Pd bersama masyarakat melakukan kegiatan gotong royong membersihkan saluran drainase di lingkungan desa setempat, Minggu (31/1/2021).

BIMA, Warta NTB – Di musim hujan saat ini, banjir terjadi dimana-mana, maka untuk mencegah luapan banjir masuk ke pemukiman warga, Kepala Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima Soeharto, S.Pd memimpin kegiatan gotong royong pembersihan saluran irigasi dan drainase.

Kegiatan yang di pusatkan di Dusun Sama Ngawa, Desa Sakuru, Minggu (31/1/2021) dipimpin langsung sang Kades, dihadiri Sekretaris Desa, Kadus, Ketua RT/RW melibatkan masyarakat, remaja masjid, Babinsa dan BPD.

Kepala Desa Sakuru Soeharto mengatakan, kerja bakti ini dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi saluran drainase akibat lumpur serta tumpukan sampah yang terbawa banjir gunung beberapa waktu lalu.

“Untuk itu hari ini kami melalukan kerja bakti membersihkan saluran drainase dengan alat seadanya seperti cangkul, skop dan alat lainnya. Sehingga saluran air lebih optimal untuk mencegah terjadinya genangan air di pemukiman warga apalagi di musim penghujan seperti saat ini,” ungkapnya.

Selain itu kata Kades, kerja bakti juga dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya wabah penyakit seperti malaria dan demam berdarah yang biasanya berkembang biak di saluran air dan tempat yang kotor.

“Kegiatan gotong royong ini selain untuk mencegah terjadinya banjir juga untuk mencegah penyebaran wabah penyakit di musim penghujan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kades berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungannya mulai dari lingkungan rumah hingga lingkungan sekitarnya.

“Untuk mencegah terjadinya wabah penyakit kami berharap masyarakat agar lebih peduli menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing,” harapnya. (WR-Al)