Cabai Mahal, Hj. Erica Zainul Majdi Ajak Tanam Cabai 20 Pohon Tiap Rumah

1931
Hj. Erica, yang didampingi Ketua BKOW Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin berharap upaya seperti itu dapat membantu menekan harga cabe yang sangat tinggi pada musim-musim tertentu.

Mataram, Wartantb.com – Meski diguyur hujan, Jum’at (20/1/17) di Kantor Balai Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi NTB, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Erica Zainul Majdi dengan penuh semangat hadir pada acara penyerahan bibit cabai dari Kepala BPTP NTB, Saleh Mokhtar kepada Ketua TP. PKK Provinsi NTB.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi dari Gertam Cabai (Gerakan Nasional Penanaman Cabai) yang telah dicanangkan Kementerian Pertanian pada bulan November 2016. Gerakan dilakukan melalui pembinaan pada skala rumah tangga yang dianjurkan penanaman minimal 20 batang pohon cabai per rumah tangga dan memonitor capaian.

Saat itu, Saleh Mokhtar menjelaskan bahwa pangan mempunyai dimensi sangat luas, bukan hanya menyangkut aspek kesehatan, namun juga aspek sosial, ekonomi, budaya, dan politik serta keamanan.

Usai mendapat pengalaman menarik yaitu memetik langsung hasil pertanian berupa daun kelor, ketimun, cabe merah, cabe hijau, bayam merah, bayam hijau, kangkung dan beragam komoditas lainnya, Ketua TP. PKK Provinsi NTB memilih beberapa bibit tanaman yang bisa ditanam di pekarangan rumah yaitu bayam merah, bayam hijau dan kangkung sutra.

Baca Juga: Sambut Hari Ibu Ke-88, BKOW NTB Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara

Hj. Erica, yang didampingi Ketua BKOW Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin berharap upaya seperti itu dapat membantu menekan harga cabe yang sangat tinggi pada musim-musim tertentu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dilakukan pada bibit-bibit tanaman lainnya.

“Kami akan senang sekali jika SKPD, BPTP dan Stakeholder terkait dapat bergabung bersama dengan kita terutama berbagi ilmunya,” pungkasnya. (Hum)