Bupati Lobar Dorong IKM Tingkatkan Daya Saing Produk

796
Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid (kiri) menyerahkan Sertifik Halal kepada 5 pengusaha IKM (Industri Kecil Menengah)

Giri Menang, Wartantb.com – Untuk mendorong iklim usaha di Lombok Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lombok Barat memfasilitasi 5 IKM (Industri Kecil Menengah) yang konsen pada usaha pengolahan makanan. IKM memperoleh Sertifikasi Halal yang dikeluarkan oleh Lembaga Penguji Produk Olahan Makanan (LPPM) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sertifikat diserahkan langsung oleh Bupati Lombok Barat pada acara Pameran Produk IKM yang berlangsung di halaman Kantor Camat Gunung Sari, Ahad 20/11/2016. Acara tersebut bersamaan dengan layanan service gratis Sepeda Motor yang diselenggarakan oleh Disperindag Lobar, bekerja sama dengan dealer cabang sebuah merk sepeda motor ternama.

Adapun 5 IKM tersebut adalah Produk Roti “SUKSES” dari Dusun Adeng Jagaraga Kuripan, Produk Gula Semut “EMAS HIJAU” dari Dusun Longseran Langko, Produk Krupuk “NAJMUL KHAIR” dari Dusun Sangiang Langko, Produk krupuk ceker ayam “MEKAR” Dusun Labuapi Utara Labuapi, dan Produk Krupuk dan Abon “Jamur Tiram KWT Al-Muslimun” Desa Meninting.

Bupati mengapresiasi pemberian sertifik tersebut. Bupati juga mengingatkan pentingnya produsen mempertimbangkan desain kemasan produk agar dibuat semenarik mungkin. Dengan kemasan yang baik plus sertifikasi akan meningkatkan daya saing produk IKM.

Kepada Disperindag Lobar, bupati meminta agar program sertifikasi halal ini bisa menjangkau lebih banyak lagi IKM yang ada. “Banyak IKM yang belum tersentuh pembinaan dalam konteks hasil seperti sekarang ini”, pungkas Bupati.

Kepala Dinas Perindag H. Mahyudin menjanjikan untuk tahun 2017 nanti bisa menyasar 30 sampai 40 produk lagi yang dapat disertifikasi oleh LPPOM MUI.

Kegiatan Pameran Produk ini dihadiri oleh masyarakat sekitar di Kecamatan Gunungsari, Tuan Guru, dan beberapa Kepala SKPD. Acara ini berlangsung sehari dikemas sangat menarik oleh dealer ternama di Indonesia ini. Acara yang tak kalah menarik adalah lomba mewarnai yang diikuti oleh lebih dari 60 anak dari TK dan PAUD se-Kecamatan Gunungsari. (Ahkam/Hum)