Bupati Dompu Lantik 33 Kades Hasil Pilkades Serentak

922
Usai pelantikan, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dan 33 orang Kepala Desa terpilih melakukan foto bersama di depan Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu kantor Bupati Dompu, Kamis (4/1/2018).

DOMPU, Warta NTB – Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin melantik 33 orang Kepala Desa (Kades) hasil pemilihan yang digelar secara serentak di Kabupaten Dompu pada tanggal 23 November 2017 lalu.

Pelantikan yang digelar di halaman Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu Kantor Bupati Dompu, Kamis (4/1/2018) dihadiri Wakil Bupati, Anggota DPRD Provinsi NTB, Pimpinan dan Anggota DPRD Dompu, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas/Instansi, Pimpinan Partai Politik, Ketua TP-PKK, Pimpinan Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Anggota TNI/Polri dan ribuan masyarakat.

Usai melantik dan mengambil sumpah jabatan 33 orang Kades, Bupati Dompu mengatakan, pelantikan merupakan akhir dari proses pemilihan kepala desa yang dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Dompu pada bulan November tahun 2017 lalu.

“Pelantikan pada hari ini merupakan akhir dari proses pemilihan kepala desa yang dilaksanakan secara serentak bulan November 2017 lalu. Bila ada persoalan, silakan ajukan keberatan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara atau Kepengadilan Negeri,” ungkap Bupati.

Pada kesempatan itu, H. Bambang mengatakan, seorang kepala desa terpilih bukan karena semata-mata memiliki banyak jurus ataupun strategi, apa lagi karena mengorbankan sesuatu atau mengeluarkan uang banyaknya. Tetapi merupakan takdir yang ditentukan Allah SWT.



“Ternyata uang tidak bisa mengikat hati rakyat. Tetapi yang sangat menentukan adalah takdir kita masing-masing. Maka, siapapun yang terpilih menjadi Kades merupakan orang-orang yang dipilih Allah SWT untuk mengurus rakyat,” kata HBY sapaan akrab Bupati.

HBY meminta agar kepala desa yang baru dilantik dapat meluruskan niat untuk membangun desa dan masyarakat. Bupati juga menyarankan agar kepala desa terpilih mulai merangkul semua elemen masyarakat yang berbeda pandangan politik pada saat pilkades serentak beberapa waktu lalu.

“Pandangan politik boleh berbeda dan tidak ada musuh yang abadi, tidak dicaripun dia akan datang sendiri, tapi sahabat yang abadi susah kita wujudkan. Maka mulai hari ini rangkul kembali semua masyarakat termasuk calon kades yang belum diberi amanah oleh Allah SWT,” saran Bupati.

HBY menambahkan bahwa dalam waktu dekat Kades terpilih akan segera dihadapkan dengan tugas, salah satunya akan mendapat pelatihan bersama kepala desa senior dan para camat agar mulai menyusun regulasi yang memiliki presepsi yang sama antara program Pemerintah Desa dan pemerintah Daerah.

Atas suksesnya pelaksanaan Pilkades serentak hingga pelantikan, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak terutama kepada Kapolres Dompu, Dandim 1614/Dompu, Sekda dan Kepala DPM-PD Dompu berserta seluruh masyarakat Dompu. “Terima kasih kami sampaikan atas kerjasama semua pihak, semoga kita tetap memperkuat rasa persaudaraan untuk membangun Kabupaten Dompu yang lebih baik,” tutup Bupati. (WR-02)