Bupati Buka Raimuna Cabang Dan Lomba Tingkat III Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara

1221
Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH membuka acara Raimuna Cabang di Gor Gondang

Lombok Utara, Wartantb.com – Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH membuka acara Raimuna Cabang di Gor Gondang,(18/11)yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Raimuna Cabang kali diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting yang terdapat dalam wilayah Kwartir.

Dalam sambutannya Bupati, menyampaikan amanat  bahwa “ menurut UU No. 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka yang bertujuan membentuk setiap pramuka, agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berahlak mulia, berjiwa patriot, Taat Hukum, Disiplin, Menjunjung tinggi nilai-nilai Luhur bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, Mengamalkan Panca Sila, seta melestarikan lingkungan Hidup. Kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah suatu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat undang undang Gerakan Pramuka tersebut. Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa indonesia,” katanya.

Bupati melanjutkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan Pramuka adalah wahana penting dalam membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangasa. Gerakan Pramuka sebagai tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.

Di era gelobalisasi saat ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Dalam rangka itu pula Pramuka harus memiliki karakter membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat dan bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga membangun kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekerti, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta bersatu menjunjung kesatuan dan persatuan.

Rangkaian dari acara raimuna cabang kali ini adalah dengan  memberikan motivasi kepada 222 siswa/siswi SMA sederajat se-Kabupaten Lombok Utara, dan penyerahan  sejumlah sertifikat kepada kader Pramuka yang berperestasi naik tingkat.(Agus_Humaspro)