Bupati Bima Resmikan Penggunaan Program Pamsimas di Desa Wilamaci

401
Peresmian program Pamsimas yang dilakukan Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE di Dusun Tanjung Mas Dua, Desa Wilamaci, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Senin (11/1/2021).

BIMA, Warta NTB – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE meresmikan penggunaan sarana air minum dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Dusun Tanjung Mas Dua, Desa Wilamaci, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Senin (11/1/2021).

Turut hadir Camat Monta Drs Nurdin, Kadis Perkim Taufik, ST MT, Kepala Desa Waro Muhammad Ali SH, Kepala Desa Sondo Sirajuddin dan Kepala Desa Simpasai Drs. Irfan serta Ketua dan anggota kelompok pelaksana Program Pamsimas.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bima menyampaikan, dengan adanya program Pamsimas yang masuk ke Desa Wilamaci khususnya Dusun Tanjung Mas diharapkan dapat mengatasi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya program Pamsimas ini kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi,” harapnya.

Bupati Bima berpesan agar, program Pamsimas yang sudah berjalan dapat dijaga dan dirawat dengan baik sehingga pemanfaatannya akan lebih lama demi untuk kepentingan bersama.

“Air adalah kebutuhan terpenting dalam kehidupan, jadi diharapkan program yang sudah berjalan termasuk sarana dan prasarana yang ada dapat dirawat dan dijaga secara bersama-sama,” pesan Bupati yang akrab disapa Umi Dinda ini.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bima Taufik, ST MT mengatakan, Pamsimas merupakan bagian dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang mencakup lima pilar sanitasi dasar.

“Adapun lima pilar tersebut yakni Stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga,” katanya.

Taufik menjelaskan, Pamsimas menjadi salah satu program dalam penyediaan layanan air minum dengan menempatkan masyarakat bukan lagi sebagai subyek, tetapi menjadi obyek.

“Adapun berbasis masyarakat dimaknai bahwa seluruh komponen masyarakat menjadi pelaku utama dan terlibat secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan Pamsimas,” jelasnya.

“Oleh karena itu, masyarakat diharapkan tidak hanya sebagai pengguna layanan, tetapi ikut bertanggung jawab atas susksesnya program ini secara berkelanjutan,” imbuhnya.

Kepala Desa Wilamaci Asri Junaidin menyampaikan ucapan terima kasih karena masuknya Program Pamsimas di Desa Wilamaci akan mengatasi kebutuha air bersih masyarakat yang selama puluhan tahun dikeluhkan warga.

“Hadirnya program ini sangat besar dampak positifnya. Dan saya berharap program ini juga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga,” ucapnya.

Selain itu, Kades juga berharap agar kedepan ada pengembangan dari Pemerintah Daerah melalui dinas terkait untuk beberapa wilayah dusun yang belum bisa teraliri air dari program Pamsimas. “Mudah-mudahan di tahun berikut ada pengembangan oleh Pemkab Bima lebih khusus dinas terkait,” harapnya.

Terhadap program yang sudah sukses dilaksanakan, Sekretaris Kelompok Program Pamsimas Ludiansyah, S.Ikom menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Bupati Bima, Kadis Perkim serta semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan pembuatan sarana air bersih yaitu Pamsimas di Desa Wilamaci.

“Program ini sangat membantu masyarakat terhadap kebutuhan air bersih yang selama puluhan tahun dikeluhkan. Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Bima, Dinas Perkim dan semua pihak yang membantu sehingga program ini bisa berjalan sukses,” ucap mantan Ketua BEM STISIP Mbojo Bima ini. (WR-IG)