Bupati Bima Minta Para Kades Transparan Kelola ADD

1237
Menurut Dinda, pemasangan Baliho program dan papan informasi desa sangat diperlukan agar program yang ada di desa dan jumlah dana dalam program dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Bima, Wartantb.com – Dalan kegiatan Safari Pra BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) di Desa Sanolo, Kecamatan Bolo, Rabu (1/2/2017) Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Puteri meminta kepada para kepala desa untuk transpran dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan program pembangunan lainnya di desa.

Menurut Dinda, pemasangan Baliho program dan papan informasi desa sangat diperlukan agar program yang ada di desa dan jumlah dana dalam program dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Para kepala desa sudah mengikuti bimtek dengan Kominfo terkait keterbukaan informasi publik. Saya berharap agar para kepala desa menerapkan apa yang menjadi amanat dalam bimtek tersebut untuk diterapkan di desa masing-masing,” kata Bupati.

Dinda juga mengingatkan kepada kepala desa yang berkaitan dengan hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terhadap 50 desa di Kabupaten Bima. Pemeriksaan kepada 50 desa tersebut baru merupakan sampel. Dan ke depan tentunya pemeriksaan BPK akan menyeluruh di 191 desa se-Kabupaten Bima.

“Untuk itu, perlu diperhatikan oleh para kepala desa agar tertib adminstrasi dan transparan dalam mengelol Alokasi Dana Desa,” tegas Bupati.

Safari Pra BBGRM di Desa Sanolo dan Kecamatan Bolo dijadwalkan selama du hari yaitu Rabu dan Kamis. Kemudian kegiatan ini akan dilanjutkan di kecamatan lain selama bulan Februari 2017.

Safari Pra BBGRM dimaksudkan untuk memonitoring dan evaluasi pelaksanaan APBDes 2016, persiapan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017, serta untuk menyerap aspirasi masyarakat di setiap desa dan kecamatan di Kabupaten Bima. (W-02)