Buka Seminar Nasional, Ini Pesan Walikota Bima Pada Tenaga Kesehatan

929

Bima, Wartantb.com – Walikota Bima M. Qurais H. Abidin membuka seminar nasional bertajuk “Peran Profesi Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan anak serta Kesehatan Masyarakat”. Seminar ini merupakan kerjasama Akbid Harapan Bunda dengan Dinas Kesehatan Kota Bima.

Acara yang berlangsung di Paruga Nae Convention Hall pada Sabtu (29/7/2017) menghadirkan narasumber Guru Besar Universitas Indonesia sekaligus pakar promosi dan ilmu perilaku kesehatan, Bapak Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Adapun peserta kegiatan sebanyak kurang lebih 200 orang tenaga kesehatan yang ada di Kota/kabupaten Bima serta Kabupaten Dompu.

Dalam sambutannya Walikota Bima menyampaikan apresiasi kepada Akbid Harapan Bunda dan Dikes Kota Bima sebagai Penyelenggara Kegiatan. Disampaikannya pula bahwa tantangan terbesar dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan adalah kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kompetensi yang baik mutlak diperlukan karena tenaga kesehatan memiliki tanggung jawab yang sangat besar menyangkut keselamatan hidup dan masa depan generasi”, jelas Walikota.

Baginya, peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sangat penting selain penyediaan daya dukung sarana dan prasarana. Masyarakat sering mengeluhkan sikap para perawat yang kurang ramah saat melayani pasien dan ini perlu disikapi bersama. Sehingga diharapkannya melalui seminar peningkatan kompetensi semacam ini bisa semakin membuka mata dan wawasan untuk peningkatan kompetensi dan peran tenaga kesehatan bagi masyarakat.

Saat ini di Kota Bima memiliki tenaga kesehatan terdiri atas 27 orang dokter umum, 6 dokter gigi, dan 437 tenaga kesehatan lainnya. Diakuinya bahwa meski dengan kondisi sumber daya manusia yang terbatas, Pemerintah Kota Bima berusaha mengoptimalkan pemberian pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat. Untuk penambahan fasilitas, pemerintah kota bima sedang merintis Rumah sakit tipe D, terutama untuk Instalasi Gawat Darurat. (WR/Hum)