BPKAD Kota Bima Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Berbasis Akrual

1904

KOTA BIMA, Warta NTB – Badan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Tahun 2017. Acara yang digelar di aula kantor walikota, Rabu (29/11/2017) dibuka secara resmi Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr. Ir. H Syamsuddin MS.

Adapun peserta bimbingan teknis terdiri dari pejabat Penatausahaan keuangan (PPK) di seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima. Kegiatan Bimtek yang digelar selama dua hari ini dilaksanakan sebagai langkah strategis dalam meningkatkan skill dan keterampilan bagi pengelolaan laporan keuangan kepada pejabat penatausahaan keuangan (PPK) di masing-masing SKPD yang ada dilingkup Pemerintah Kota Bima.

Pelaksanaan bimtek diselenggarakan sesuai dengan implementasi Laporan keuangan Pemerintah Daerah berbasis Akrual yang ditandai dengan ditetapkannya peraturan pemerintah No.71 Tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah dan Permendagri nomor 64 tahun 2013 tentang penerapan standar akutansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah daerah. Narasumber kegiatan yaitu tiga orang tim BPKP Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 3 (tiga) orang.

Dalam arahannya Plt Sekda Kota Bima menyampaikan bahwa seiring penerapan sistem baru maka para Pejabat Pengelola Keuangan (PPK) pada setiap OPD harus terus belajar dan beradaptasi dengan berbagai perkembangan yang ada.

Diharapkan dengan mengikuti bimtek PPK SKPD mampu menyusun laporan keuangan berbasis acrual dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah dan ketentuan yanh berlaku sehingga Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bisa dipertahankan.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta bimtek agar memperhatikan materi yang disampaikan dengan sebaik-baiknya. “Kita semua berkeinginan untuk tetap mempertahankan status WTP yang sudah kita raih, salah satunya dengan menyusun laporan keuangan yang benar dan akuntabel, serta sesuai ketentuan perundang-undangan,” ujarnya. (WR-02)