BPD Tolotangga Pantau Sejumlah Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Desa

344

BIMA, Warta NTB – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tolotangga memantau sejumlah kegiatan pembangun infrastruktur di Desa Tolotangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Selasa (28/12/2021).

Sekretaris BPD Tolotangga Amiruddin, S. Sos menyampaikan, sebagai tugas BPD salah satunya adalah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan dalam penggunaan anggaran, mengingat dana yang dikucurkan pemerintah ke wilayah pedesaan cukup besar terutama dalam hal pembangunan infrastruktur,” katanya.

Amir menjelaskan, pembangunan infrastruktur Desa Tolotangga menjadi salah satu target pemerintah dalam mendukung fasilitas-fasilitas yang mempermudah akses untuk kebutuhan masyarakat.

“Dalam tahun ini pemerintah Desa Tolotangga sedang melaksanakan sejumlah pembangunan infrastruktur diantaranya pembangunan kantor BPD, rabatnisasi gang, pembangunan penampung tempat air di so’o mpuga lanco, pembangunan jembatan di Dusun Wane, brojonisasi, pagar jalan ekonomi di so’o tolo rasa dan pengerasan gan,” terangnya.

Amir menambahkan, pembangunan ini sudah menjadi inovasi pemerintah Desa yang diprioritaskan pada penggunaan Dana Desa (DD) sesuai dengan permendes nomor 13 tahun 2020, dalam hal ini BPD melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa.

“Alhamdulillah di tahun 2021 ini semua program pembagunan infrastruktur sudah hampir 100 persen selesai walaupun tidak ada pembangunan di tahun 2022 nanti karena intruksi presiden melalui peraturan presiden RI 104 tahun 2022 mewajibkan dana Desa 40 persen untuk BLT,” sebutnya. (RED)