BPD dan Pemdes Tangga Gelar Musdes RKPDes dan Pembentukan Panitia Pilkades

1005

BIMA, Warta NTB – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022 serta pembentukan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Aula Kantor Desa, Kamis (3/2/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Jubair, SH, Ketua BPD Marwan, S.Pd dan Anggota, Camat Monta yang diwakili Kasi Pemerintahan Syarifurrahman, ST, Pendamping Desa Firdaus, S.Pd, dan Tokoh Pendidik, Tokoh Agama, dan Masyarakat.

Ketua BPD Tangga Marwan menyampaikan, bahwa musyawarah ini merupakan dua agenda sekaligus yang dilakukan yaitu Musdes pembentukan panitia Pilkades dan RKPDes.

“Dari musdes ini berdasarkan kesepakatan bersama akhirnya terpilih sebanyak 7 orang panitia Pilkades yang langsung dikukuhkan dan dilantik. Sementara RKPDes terdapat beberapa usulan pembangunan yang diterima dari masyarakat dan akan di bahas pada Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) nantinya.” katanya.

Dalam dua agenda ini pihaknya melibatkan seluruh unsur terkait untuk memberikan masukan dan saran untuk memilih yang mampu bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.

“Dari usulan forum terdapat panitia Pilkades, 2 orang dari pemerintah desa, 3 orang tokoh masyarakat, 1 orang lembaga kemasyarakatan Desa serta 1 orang dari Karangtaruna. Dari hasil kesepakatan ketua panitia Pilkades Aeman, S.Pd, Wakil Ketua Kasman S.Pd, Sekretaris Taufik Usman, Bendahara ABD. Wahab serta Anggota Ibrahim, S.Pd, Dedi Rusadi, S.Pd, yus hariyanda, S.Pd,” jelasnya.

Marwan berharap kepada panitia yang terpilih tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik, amanah, dan penuh semangat serta keikhlasan.

“Saya mewakili BPD berharap kepada panitia yang terpilih tersebut dapat menjalankan tugas dengan baik, amanah, dan penuh semangat serta keikhlasan dan semoga beberapa usulan pembangunan Desa terakomodir,” harapannya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Tangga Jubair, bahwa musdes ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara warga sehingga melahirkan keputusan berdasarkan keputusan forum bukan tergantung selera.

”Hasil usulan yang kami tampung yakni akan kami masukkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan tentunya akan disaring terlebih dahulu oleh tim verifikasi mana yang di prioritaskan dan mana yang tidak,” katanya.

Kegiatan berlanjut pada pembentukan Panitia Pilkades, Kades berpesan kepada Panitia Pilkades agar selalu bersikap netral dengan menjunjung tinggi sportifitas agar terciptanya demokrasi yang integritas.

“Alhamdullillah pada dua agenda musyawarah Desa hari ini berjalan lancar,” ucapnya.

Ditempatkan yang sama Camat Monta yang diwakili Kasi Pemerintah Syarifurrahman mengungkapkan, rasa senang dan apresiasi kepada Pemerintah Desa dan BPD dapat melaksanakan dua agenda sekaligus.

“Kita harap suasana aman dan damai seperti ini tetap terjaga dalam setiap tahapan-tahapan hingga pada penetapan nantinya,” jelasnya.

Ia menitip pesan kepada panitia agar bekerja dengan amanah, penuh tanggung jawab, menjaga netralitas serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Kami berharap semua panita yang terpilih menjaga netralitas, apalagi kegiatan pilkades yang sering kali terjadi gejolak. Kami dari pemerintah Kecamatan Monta akan terus turun ke desa-desa untuk melakukan pemantauan persiapan pilkades,” pungkasnya. (RED)