BPD dan Pemdes Tangga Gelar Musdes Khusus Tetapkan 97 Calon KPM

369

BIMA, Warta NTB – Dalam menetapkan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Desa (Musdes) khusus Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD).

Musdes khusus yang digelar di aula kantor Desa setempat, Rabu (10/2/2022) di hadiri langsung Kepala Desa Jubair, SH, Ketua BPD Marwan, S.Pd dan Anggota, Pendamping Desa Bidang Pemberdayaan Abdollah Bin Azis, S.Pd, Kepala Dusun, Ketua RT dan Ketua RW.

Kepala Desa Tangga Jubair mengatakan, Musdes khusus Bltdd ini semua komponen diharuskan berhati-hati dalam menentukan KPM untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Untuk itu para calon Kpm yang ditetapkan harus berdasarkan kriteria bukan berdasarkan kepentingan keluarga sehingga Blt nantinya dapat diterima oleh masyarakat yang benar-benar layak,” ingatnya.

Oleh karena itu, penetapan calon Kpm Bltdd tahun 2022 pihaknya melakukan verifikasi dan validasi data sehingga melahirkan keputusan bersama.

“Setelah dilakukan validasi calon penerima Blt sesuai dengan kriteria, mekanisme pendataan, singkronisasi dan hasil final, Alhamdulillah kami menetapkan jumlah calon KPM sebanyak 97 kepala keluarga,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Kades juga meminta seluruh aparat desa berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tangga.

“Diperlukan kerja sama dan sinergi yang baik antar unsur pemerintah desa hingga tingkat BPD, Kadus, RT dan RW untuk mewujudkan desa yang maju, sejahtera, adil dan merata,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua BPD Marwan mengatakan, Musdes khusus ini digelar karena adanya perubahan dari pemerintah pusat yang mengharuskan desa menganggarkan paling sedikit 40% dari dana desa yang diterima.

“Megingat hal ini, desa tangga di tahun 2022 menetapkan sebanyak 97 Kpm. Penetapan calon Kpm mengacu pada peraturan Menteri Desa No.6 tahun 2020 tentang 14 kriteria salah satunya yang tidak mendapat bantuan PKH,” tambah Marwan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan berita acara yang akan disampaikan kepada Bupati Bima melalui Camat Monta. (RED)