BLT-DD Desa Pela Disalurkan, Prioritas untuk Lansia dan Anak Yatim Piatu

343

BIMA, Warta NTB – Pemerintah Desa Pela, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di aula kantor desa setempat, Senin (12/7/2021). Penyaluran kali ini diprioritaskan kepada 37 orang yang terdiri dari Lansia dan anak yatim piatu.

Kepala Desa Pela Muallimin menjelaskan, bantuan ini merupakan bantuan dari pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus corona.

“Bantuan kali ini diprioritaskan kepada lansia dan anak yatim piatu yang juga ikut terdampak akibat pandemi virus corona atau Covid-19,” katanya.

Kades menjelaskan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Desa yang diperuntukan bagi 37 PKM dengan besaran masing-masing senilai Rp 300 ribu dan mereka bukan merupakan peserta penerima PKH, BPNT, BST serta bukan Pensiunan PNS, Polri dan TNI.

“Bantuan ini kami khususkan untuk membantu anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia yang tidak mampu. Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan baik dan meringankan beban di tengah pandemi virus corona ,” jelasnya.

Kades menambahkan penyaluran BLT-DD Tahap 1 Tahun 2021 tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Desa yang mengacu pada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

“Dengan penyaluran BLT-DD ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dan sebagai jaminan pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak akibat pandemi virua corona. Semoga bisa bermanfaat,” harapnya.

Penyaluran bantuan ini turut dihadiri, Sekretaris dan perangkat Desa Pela, tokoh pendidik, Ketua BPD Edy Suparjan dan Anggota, Kadus, Ketua RT/RW dan masyarakat. (WR-Al)