BKPSDM Kota Bima Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip

867

Kota Bima, Warta NTB – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima bertempat di Aula Kantor Walikota Bima, Senin (19/3/2018) menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaab Arsip Lingkup Pemerintah Kota Bima Tahun Anggaran 2018. Kegiatan bimtek dibuka Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr. Ir. H Syamsuddin MS.

Berdasarkan laporan Kepala BKPSDM Kota Bima Drs. H. Supratman MAP yang juga ketua panitia penyelenggara bimtek melaporkan bahwa bimtek pengelolaan arsip lingkup pemerintah Kota Bima ini diikuti oleh sebanyak 50 orang arsiparis maupun pengelola arsip yang mewakili Organisasi Perangkat Daerah yang ada.

“Bimtek akan dilaksanakan selama dua hari mulai tangga 19 Maret hingga 20 Maret 2018,” katanya.

Adapun narasumber Bimtek terdiri dari tiga orang yakni Kepala Subdit Daerah IB Deputi Pembinaan Kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Bapak Muhamad Ihwan S.Sos MSi, Unsur dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima dan BKPSDM Kota Bima.



Lebih lanjut dikatakan, kegiatan bimtek dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM aparatur agar dapat mengelola kearsipan guna menjadi arsiparis yang handal dan kreatif dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan pemahaman secara komprehensif terkait manajemen kearsipan.

Dalam sambutan Walikota Bima yang dibacakan Plt Sekda Kota Bima menyampaikan tentang pentingnya pengelolaan arsip. Pengelolaan arsip merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan pemerintah dengan sebaik-baiknya agar arsip dapat menjadi memori kolektif daerah yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang dan menjadi bukti kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pengelolaan arsip yang utuh dapat menunjang manajemen ke arah yang lebih baik,” ujar Plt Sekda.

Diakhir sambutannya, Plt sekda mengaoresiasi pelaksanaan bimtek sebagai upaya untuk penyelenggaraan kearsipan yang berkualitas guna tertib administrasi.

“Diharapkan kelak dapat terwujud sistem kearsipan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan publik,” harap Plt sekda. (WR-02)