Bhabinkam Kelurahan Pane Kota Bima Rela Sisihkan Gaji Berbagi Sembako untuk Warga Binaan

358

KOTA BIMA, Warta NTB – Sejatinya seorang bhayakara adalah pelindung pengayom dan pelayan masyarakat sebagai titah sumpahnya.

Sumpah itu begitu terpatri bagi Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Indra Sapri, anggota Polres Bima Kota yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima.

Betapa tidak, rasa sebagai pelayan masyarakat tidak saja teraplikasi dalam tugas sebagai anggota Polri, lebih dari itu, potret mulia dan ikhlas melayani begitu tergambar darinya sebagai Bhabinkamtibmas yang memiliki warga binaan.

Aipda Indra Sapri, rela dan ikhlas menyisihkan sebagian dari gaji dan penghasilan yang didapatnya dari Polri, demi berbagi dan meraskan beban warga binaannya.

Tiba saatnya terima gaji bulanan, setumpuk paket sembako dan sajadah, menjadi pilihan dirinya yang dibagikan pada mereka yang sangat membutuhkan di wilayah binaannya Kelurahan Pane.

Itu dilakukannya saban bulan, bertahan dan perlahan, tanpa ingin dipuji apalagi pencitraan.

“Ia, saya ikhlas tanpa ragu sedikitpun, setiap bulannya berbagi rezeki pada warga yang sangat membutuhkan,” ucapnya penuh senyum ikhlas.

Setiap hari Jumat, dari gaji yang disisihkan, Aipda Indra Sapri, mendatangi warga dari rumah ke rumah, berbagi paket sembako dan sajadah untuk beribadah seperti yang dilakukan, Jumat (3/9/2021) kemarin.

Kebaikan dan ikhlas hati yang ditunjukkan Bhabinkamtibmas ini, sampai pula di telinga jajaran Polres Bima Kota, utamanya Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra.

Rasa bangga dan salut serta terharu, begitu nampak di wajah AKBP Henry Novika, mendengar ada anggotanya yang rela berbagi dan menyisihkan gajinya demi membantu sesama yang membutuhkan.

“Saya bangga dan salut atas apa yang ditunjukkan Aipda Indra Sapri. Dia luar bisa. Mau berbagi dan menyisihkan gajinya bagi sesama yang membutuhkan,”ucap Kapolres Bima Kota.

Kata orang nomor satu di Mapolres Bima Kota ini, cara pembinaan kamtibmas dengan pendekatan humanis, sebagaimana yang diterapkan Aipda Indra Sapri, sangat tepat dan langsung menyentuh sisi kemanusiaan dan kejiwaan warga binaan.

“Pendekatan humanis seperti ini, menjadi contoh bagi anggota lainnya dalam memaknai arti dari sumpah polisi sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat,” kata AKBP Henry Novika.

Apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pane, dalam menciptakan suasana keamanan dan ketertiban di wilayah binaannya yang relatif kondusif, disamping mendukung program pemerintahan kelurahan serta melaksanakan program-program lainnya yang berhubungan dengan porsinya sebagai bhabinkamtibmas.

Warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya, menyatakan rasa kagum pada Aipda Indra Sapri sebagai Bhabinkamtibmas Pane.

Kedekatannya dengan lingkungan masyarakat dan membaur bersama dengan tokoh masyarakat dan para pemuda, kata warga ini, sungguh luar biasa. Apa yang dilakukan Indra Sapri, sambung warga, telah mampu meyakinkan warga akan rasa aman dan nyaman.

Sebagai Bhabinkamtibmas warga bersaksi, Aipda Indra Sapri, juga telah bekerja dan bertugas mendukung program pemerintah di masa pandemi covid-19.

“Ia dengan sigap menjemput warga untuk divaksinasi. Semua yang dilakukannya bukan sekedar menunaikan kewajiban tetapi lebih dari itu, atas dasar kecintaannya terhadap masyarakat,”ujar warga.

Apa yang diperankan Aipda Indra Sapri, semoga menjadi contoh bagi polisi lainya. (WR-Al)