Begini Cara TNI Bantu Warga Kesulitan Air Bersih di Madapangga

1048

BIMA, Warta NTB – Air murupakan kebutuhan vital dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan sarana dan prasarana penunjang seperti bak penampung air dan pipa penyalur menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan warga.

Sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan air bersih yang dihadapi warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, TNI jajaran Kodim 1608/Bima melalui Babinsa Desa Rade Pelda Ruslan beserta anggota Koramil Bolo melaksanakan gotong royong memperbaiki pipa dan membersihkan pusat penampungan air PDAM di Wilayah Madapangga.

Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan, Sabtu (12/1/2019) dihadiri Kepala Dinas PDAM Kabupaten Bima, Camat, Kapolsek Madapangga, Babinkantimas Desa Monggo, Satpol PP Madapangga, perwakilan Aktivis dan Pemuda Desa Rade.

Krisis air dihadapi warga diduga akibat kebocoran pipa penyalur menuju desa tersebut. Sehingga warga Desa Rade menuntut agar air distribusikan kembali ke desa mereka.

Setelah melalui proses mediasi dan musyawarah bersama unsur Muspika, akhirnya disepakati untuk dilakukan pengecekan pipa sepanjang jalur terutama di jalur persawahan Desa Monggo.

Tak lama setelah mediasi Babinsa Desa Rade dan Koramil Bolo langsung turun ke lokasi untuk mengecek kebocoran pipa dan bergotong royong bersama warga dan unsur lain membersihakan penampungan air.

“Diharapkan dengan pembenahan ini, tidak ada lagi kendala terkait penyaluran air menuju Desa Rade,” kata Pelda Ruslan.

Dalam kegiatan goyong royong, Babinsa Desa Rade dan unsur lain bahu membahu memperbaiki pipa bocor dan langsung terjun ke kolam untuk membersihkan bak penampungan air yang menjadi kebutuhan masyarakat itu. (WR)