Bangun Sinergi, Kapolres Bima Gelar Dialog dengan Tokoh Masyarakat

829

BIMA, Wartantb.com – Dalam rangka membangun kerjasama antara masyarakat dan Polri dalam menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Bima, Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, SIK melakukan silaturrahmi dan dialog dengan tokoh masyarakat di Kecamatan Monta.

Pertemuan yang digelar di halaman Mapolsek Monta, Rabu (8/11/2017) dihadiri tokoh masyarakat lintas sektor antara lain, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan awak media serta para kepala desa dan sekretaris desa di wilayah Kecamatan Monta.

Mengawali penyampainya Kapolres mengatakan, sebagai penanggungjawab institusi kepolisian yang ada di wilayah Kabupaten Bima, ia bertekad memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang diembanya.

Meski demikian, sejak pertama bertugas ia mengaku sudah dihadapkan dengan berbagai persoalan klasic yang sering terjadi di Kabupaten Bima seperti perang kampung dan aksi blokade jalan, sehingga diperlukan solusi cerdas untuk menyelesaikan masalah, salah satunya dengan membangun sinergi dengan berbagai elemen masyarakat untuk menemukan solusi setiap persoalan yang muncul.

“Dari awal kami sudah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang perlu dilakukan atensi khusus, setelah dilakukan pemetaan akan dicarikan akar permasalahannya, sehingga dapat ditemukan solusi menyelesaikan masalah,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu penyebab perang kampung adalah perkelahian anak-anak yang kemudian melibatkan para orang tua, sehingga menyebabkan konflik menyebar dan menjadi perang antar kampung.

“Di sini peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawal dan memberikan pendidikan anak. Orang tua jangan mudah terprovokasi, selesaiakan masalah dengan bijak, jangan menjadi pemicu perang kampung,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolres mengajak seluruh elemem yang hadir agar bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah dengan memberikan pencerahan dan siraman kepada masyarakat sesuai peran dan keberadaan masing-masing.

“Kami berharap tokoh masyarakat dapat membantu dengan memberikan kontrubisi sesuai peran masing-masing untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Kabupaten Bima,” harapnya.

Kegiatan silaturrahmi dan dialog yang digelar dalam suasana keakraban itu diapresiasi warga karena pada kesempatan tersebut masyarakat dapat berdialog dan menyampaiakan langsung aspiranya kepada Kapolres baru terkait persoalan hukum dan keamanan di wilayah Kabupaten Bima. (WR-02)