Bahas Rencana Pembangunan Desa, BPD Wilamaci Gelar Musdes

372

BIMA, Warta NTB – Dalam melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, transparan serta terbuka, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wilamaci, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima menggelar Musyawarah Desa (Musdes) tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

Ketua BPD Wilamaci Mawardin, S. Ikom kepada WartaNTB.Com, Kamis (3/2/2022) mengatakan, bahwa musdes ini adalah kegiatan rutin tahunan untuk mencermatin ulang RPJMDes dan RKPDes dengan beberapa keputusan penting yang ditetapkan.

“Setelah dilakukan pembahasan dan pencermatan ulang, kami menyepakati beberapa program prioritas seperti peningkatan kantor BPD, rabatnisasi gang, pembukaan jalan, usaha tani nelayan serta pengadaan BLTDD 40% serta program-program lainnya,” jelasnya.

Mantan Aktivis HMI ini memberikan peringatan kepada pemdes agar penyelenggaran pemerintahan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun pelaporan untuk mengedepankan asas transparansi dengan mengikut sertakan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Hal ini dilakukan agar terciptanya kepercayaan masyarakat dan sebagai bentuk keterbukaan dari setiap anggaran yang digunakan pemerintah Desa Wilamaci dalam berbagai aspek.

“Sangatlah penting gagasan semua unsur dalam memetakan pembangunan dan kebutuhan Desa karena tolak ukur kemajuan desa tergantung sungguh kerjasama yang baik antara pemdes dan BPD serta masyarakat,” tutupnya. (RED)