Awas Copet, Kabid Humas Polda NTB Ingatkan Penonton MotoGP Lebih Waspada

302

MATARAM, Warta NTB – Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto SIK di sela pengamanan event internasional yang sedang berlangsung, Sabtu (19/3/2022) mengingatkan kepada para penonton MotoGP Mandalika agar lebih waspada dengan segala bentuk kejahatan yang mungkin terjadi seperti tindak pidana pencopetan.

Belajar dari event WSBK tahun lalu, Polda NTB berhasil menangkap jaringan pencopet internasional. Meski sudah diantisipasi oleh Kepolisian dengan melakukan pengamanan terbuka maupun tertutup, namun kewaspadaan dari penonton sangat dibutuhkan untuk menghindari kejadian serupa.

“Jaringan pencopet tersebut memanfaatkan kondisi yang ramai dan korban yang lengah, dengan membuat korbannya lengah, pencopet tersebut kemudian mengambil barang berharga targetnya,seperti handphone dan dompet,” ujarnya.

Untuk itu, Artanto meminta agar para penonton tetap memperhatiakan barang bawaannya terutama perempuan. Karena menurutnya, kebanyakan korban yang dituju adalah perempuan.

Menurutnya, pencopet ada yang bertugas membuat korban terdistraksi atau mengalihkan perhatian korban, ada yang mengeksekusi kemudian ada yang mengamankan dan mematikan Handphone curiannya.

“Untuk mengurangi kesempatan para pencopet beraksi adalah dengan kewaspadaan, cara ini paling efektif untuk menghindari kejahatan, karena kejahatan terjadi bukan cuma ada niat pelaku, tetapi juga adanya kesempatan,” tutupnya. (RED)