Awal Tahun, BPD Parado Rato Gelar Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2021

262
Musdes Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Parado Rato Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

BIMA, Warta NTB – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Parado Rato, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima di awal tahun menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dihadiri Kepala Desa M. Saleh, SH, Ketua BPD Ruslin dan anggota serta tokoh masyarakat dan unsur pemuda. Hadir pula Babinsa dan Bhabinkantibmas.

Kades Parado Rato menjelaskan, Musdes yang digelar oleh Badan Permusyawaratan Desa ini sangat penting dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Sehingga segala kebutuhan masyarakat dapat dicantumkan dalam RKPDes.

“Musyawarah Desa adalah musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis,” jelasnya.

M. Saleh menyebutkan, musyawarah desa penyusunan RKPDes merupakan salah satu perwujudan perencanaan pembangunan desa tahunan secara partisipatif.

Melalui rapat ini akan dibahas pengelolaan pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang dikoordinasikan oleh Kepala Desa dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan dan gotong-royong guna mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

“Tujuan musyawarah desa penyusunan RKPDes adalah untuk melaksanakan beberapa kegiatan seperti mencermati ulang dokumen RPJM-Desa dan menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJM-Desa,” ungkapnya

Di tempat yang sama Ketua BPD Parado Rato Ruslin menjelaskan, tujuan dilaksanakan penyusunan RKPDes adalah untuk melahirkan APDes dengan tujuan untuk dikelola selama satu tahun.

“Hal-hal yang tertuang di dalamnya seperti tunjangan pemerintah desa, tunjangan BPD, Kadus, Insentif kader Posyandu, marbot, ketua RT/RW, dan lain-lain,” katanya.

“Setelah itu nantinya dilanjutkan dalam pembahasan internal BPD dan akan dibahas bersama dengan pemerintah desa. Dan hasilnya akan kita sosialisasikan kepada masyarakat terkait program yang telah ditetapkan oleh pemerintah desa,” tambahnya. (WR-Budi)