Asah Bakat dan Keterampilan Siswa SMAN 2 Monta Melalui Latihan Marawis

280
Kepala SMAN 2 Monta Nazamuddin, S.Pd memantau langsung latihan matihan Marawis yang digelar di aula sekolah setempat, Sabtu (31/10/2020).

BIMA, WARTA NTB – Guna meningkatkan minat dan bakat siswa dalam seni musik, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Monta rutin melaksanakan kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul) latihan Marawis bagi kelompok seni di sekolah setempat seperti yang dilaksanakan, Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan pembinaan bakat dan minat ini dibawah bimbingan Arif salah satu guru pembina bakat di sekolah tersebut. Latihan ini juga dipantau langsung Kepala Sekolah Nazamuddin, S.Pd.

Kepala SMAN 2 Monta Nazamuddin yang ditemui di sekolah setempat mengatakan, minat dan bakat adalah salah satu hal dasar yang dimiliki oleh setiap individu, meskipun demikian, tidak semua orang mampu memaksimalkan minat dan bakatnya.

“Oleh karena itu, pembinaan minat dan bakat ini sangat penting dilakukan untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa untuk meningkat kemampuan dan kreativitas sesuai bakat yang dimiliki,” katanya.

Mantan Kepala SMAN 1 Woha ini menambahkan, kegiatan pemintan dan bakat ini juga menjadi tolak ukur dan referensi bagi sekolah dalam memaksimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh siswa-siswi SMAN2 Monta salah satunya dalam bidang musik.

“Kegiatan ini cukup efektif untuk memfasilitasi dan mewadahi minat dan bakat siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif sehingga terhindar dari perbuatan negatif seperti kenakalan remaja, perkelahian dan narkoba yang saat ini mengancam generasi muda,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Arif pembina marawis SMAN 2 Monta mengatakat, meski seni marawis terbilang baru bagi siswa, namun dengan waktu yang begitu singkat para siswa yang tergabung dalam group marawis sangat cepat tanggap dalam memainkan musik dan menyanyikan lagu marawis.

“Para siswa begitu antusis mengikuti latihan dan dalam waktu singkat mereka bisa menguasai musik marawis. Insya Allah kedepan kami akan terus memaksimal latihan sehingga para siswa bisa tampil dalam acara-acara besar di tingkat kecamatan maupun kabupaten,” harapnya. (WR-Zal)