Amankan Debat Calon Bupati, Polres Dompu Terjunkan 300 Personel

943

DOMPU, Warta NTB – Dalam pelaksanaan Debat Terbuka Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Gedung Samakai pada tanggal 4 November 2020, Polres Dompu akan menurunkan 300 personel untuk mengamankan acara tersebut.

“Kami akan menerjunkan 300 personel untuk pengamanan debat paslon termasuk bantuan satu Peleton Brimob dari Kota Bima,” kata Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH S.IK, Selasa (3/11/2020).

Kapolres menegaskan, dalam pengamanan debat paslon akan dilakukan dengan ekstra ketat, hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi.

Untuk pengamanan nanti, ungkap Kapolres, maka di depan Kantor Bappeda akan dipasang kawat Barier begitu juga di perempatan lampu merah Koramil Kota, selain kedua tempat tersebut, beberapa titik akan ditempati oleh anggota sesuai ploting yang tertuang dalam sprint tugas.

“Kita harus memastikan bahwa pelaksanaan debat terbuka ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,”  tegas Kapolres.

Sementara untuk undangan yang hadir, Kapolres menjelaskan, sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang dihadiri oleh Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kapolres, Dandim, Ketua Tim Pemenangan dan Perwakilan Partai pengusung masing-masing Paslon bahwa untuk setiap Paslon hanya akan didampingi oleh empat orang saja.

“Berarti dari tiga Pasangan Calon yang mengikuti Pilkada Dompu, masing-masing hanya bisa membawa empat orang pendamping, jadi jumlah total Paslon dengan pendamping hanya 18 orang saja,” katanya.

Sedangkan untuk nama-nama pendamping, tambah Kapolres, sudah diserahkan oleh Paslon kepada KPU dan nama-nama pendamping akan diberikan name tag yang berisi barcode yang tidak bisa diganti oleh orang lain.

“Dari hasil keputusan rapat koordinasi bahwa setiap Paslon hanya akan didampingi oleh empat orang saja dan kami akan memastikan gedung hanya akan terisi orang-orang  yang telah terdaftar di KPU,” tambahnya.

Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Dompu bahwa pelaksanaan debat terbuka tahap pertama Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu akan dilaksanakan di gedung Samakai Dompu pada hari Rabu tanggal 4 November 2020 mulai pukul 19.00 Wita.

Adapun pasangan calon yang akan berkompetisi dalam Pilkada Dompu, yakni Nomor urut 1,  pasang Hj Eri Aryani Abubakar dan H. Ichtiar Yusuf SH, Nomor urut 2, pasangan Abdul Kader Jaelani dan H. Sahrul Parsan ST. MT dan Paslon Nomor urut 3, yakni pasangan H. Syaifurahman Salman, SE M.Si dan Ika Rizky Veryan. (WR-Al)