Air Sungai Meluap, Dua Dusun di Desa Moyo Terendam Banjir

949
Personel Polsek Moyo Hilir memantau banjir yang terjadi di Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, Senin (8/2/2021) malam.

SUMBAWA, Warta NTB – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa menyebabkan terjadinya banjir merendam pemukiman warga dua dusun di Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, Senin (8/2/2021) malam.

Terkait peristiwa itu, Kapolsek Moyo Hilir Iptu Ruslan menerangkan, pasca peristiwa itu pihaknya langsung menurunkan personel untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Kata dia, bencana banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi sehingga air sungai bendungan Brang Moyo, Desa Moyo meluap mulai pukul 19.00 Wita, Senin malam.

“Banjir tersebut menggenangi rumah warga dua dusun di Desa Moyo dengan ketinggian air rata-rata mencapai sekitar 60 cm,” ucapnya.

Dijelaskan Kapolsek, berdasarkan hasil monitoring, bencana banjir tersebut menerjang pemukiman warga di Dusun Karang Orong dan Dusun Brang Bru, Desa Moyo.

“Setelah beberapa saat air banjir kemudian berangsur surut dan warga mulai membersihkan rumahnya dari sisa banjir menggunakan mesin sedot air dan alat seadanya,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, untuk membantu warga personel gabungan dari Polsek Moyo Hilir, Koramil bersama dengan Pemerintah Desa Moyo serta KSR PMI Unit UTS juga mendatangi lokasi untuk membantu membersihkan rumah warga yang terkena dampak banjir.

“Diharapkan kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir yang kapan saja bisa terjadi,” pungkasnya. (WR-02)