Adhar Dorong SMKN 1 Monta Jadi Sekolah Unggul di Kabupaten Bima

516
Kepala SMKN 1 Monta Adhar, S.Pd

BIMA, Warta NTB – Kualitas sumber daya manusia yang masih rendah menyebabkan tingkat pengangguran di Indonesia semakin tinggi, maka untuk itu pendidikan dituntut harus mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi dan keahlian.

Menjawab tuntutan di era modern dan dunia kerja yang semakin membutuhkan tenaga kerja yang profesional, maka yang menjadi solusi adalah hadirnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seperti SMK Negeri 1 Monta.

Sekolah menengah kejuruan pertama di Kecamatan Monta ini memiliki enam kompetensi jurusan di antaranya Jurusan Tata Busana, Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga sebagai motto penggerak bagi siswa untuk bekerja apalagi sudah banyak industri dan perhotelan yang ada saat ini.

Plt. Kepala SMKN 1 Monta Adhar, S.Pd ditemui wartawan, Rabu (20/1/2020) mengatakan, untuk meningkatkan pendidikan kejuruan adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada dan tenaga pendidik yang berkompeten dalam bidangnya serta dengan meningkatkan kemampuan dan kualitas siswa lulusan dengan begitu siswa memiliki potensi untuk bekerja sesuai kebutuhan perusahaan.

“Di dunia industri yang berkembang begitu pesat saat ini membuat dunia pendidikan dituntut harus sesuai berjalannya kemajuan jaman, maka kami akan terus meningkatkan kompetensi siswa lulusan sesuai dengan bidang dan jurusan yang ada di sekolah kami,’ katanya.

Terhadap hal itu kata mantan aktivis HMI ini, sekolah membutuhkan sumber daya guru yang mampu melahirkan siswa yang berprestasi, memiliki keahlian serta kemampuan di bidang kejuruan.

“Di era modern yang semakin berkembang diharapkan siswa mampu bersaing di bidang industri maupun bidang usaha sehingga SMKN 1 Monta menjadi pusat keunggulan bagi dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Bima,” harapnya. (WR-Al)